16 Pertanyaan: Talitha Belinda ‘Biru Baru’

Oct 24, 2021

Talitha Belinda membentuk Biru Baru bersama Goldan Tambayong sekitar tiga tahun yang lalu. Setelah merilis “Terbenam” akhir September, kabarnya mereka sudah menyiapkan single baru yang ditargetkan beredar bulan depan.

Jauh sebelum menjalani karier bersama Biru Baru, Talitha sudah memulai perjalanan bermusiknya sejak masih duduk di bangku sekolah. Ia mencoba alat musik drum pertama kali di rumah sepupunya saat kelas 3 SD. Sampai akhirnya, Talitha meminta kepada sang Ayah untuk belajar drum di Purwacaraka.

“Les drum sampai kelas 6 SD, akhirnya berhenti terus di SMP buat band progressive metal gitu. Di band itu posisinya member lain sudah pada kuliah dan gue kecil sendiri. Di situ gue main drum juga dan sempat beberapa kali perform tapi akhirnya bubar karena yang lain pada sibuk kuliah,” kenang Talitha.

Ketika masuk SMA, ia memutuskan lanjut les drum lagi dan mengikuti beberapa kompetisi musik. Ia sendiri mengenal Goldan, rekan bermusiknya di awal masuk perkuliahan.

“Dari situ kenal produksi lagu, software, DAW. Dan dari situ mungkin mulai muncul keinginan buat berkarya. Tapi, sebelum itu juga sebetulnya sempat bikin production house buat iklan dan video-video gitu. Sampai iseng buat lagu yang akhirnya jadi single pertama Biru Baru yang judulnya ‘Maple’. Dan setelah itu akhirnya tercebur di dunia permusikan ini,” jelas Talitha.

 

Seiring berjalannya waktu, Biru Baru memasuki fase baru dengan bergabung dengan Juni Records lewat perilisan single “Terbenam”. Talitha Belinda dan Goldan Tambayong sudah mulai membicarakan kerjasama dengan Juni Records di akhir 2020 lalu, sampai resmi bergabung di pertengahan 2021.

“Bersyukur banget bisa ketemu sama Juni Records karena sebenarnya Biru Baru banyak banget rencana yang tertunda ataupun gagal. Dan dengan kehadiran Juni Records ini kami berharap karya-karya kami bisa dipoles dan lebih baik lagi dalam segi produksi maupun teknis. Karena Juni Records juga sudah lama berdiri di industri, merupakan label besar juga dan artis-artis yang dipegang sebelumnya bertalenta banget. Jadi menurut kami ini pilihan tepat banget,” tutup Talitha.

Dan inilah 16 jawaban dari Talitha Belinda untuk Pophariini.


1. Apa pengalaman berharga kamu saat memelihara kucing?

Duh kalau soal kucing, semua pengalamannya berharga sih! Suka banget soalnya sama kucing. Salah satunya pengalaman yang gua inget banget sih ini, dulu kucing gua hamil dan di saat-saat dia mau lahiran, kucing gua (Owi) meong-meong dan nuntun gua untuk ikut dia ke gudang. Dia minta ditemenin pas dia lahiran. Jadi gua temenin dia di gudang berjam-jam ngelahirin 6 anak kucing yang lucu-lucu banget dan selamat semua.

2. Mana yang kamu pilih: menghabiskan waktu di toko rekaman musik atau toko buku?

Toko musik!

3. Kamu pengin diberi hadiah gitar atau satu set drum baru saat berulang tahun?

Satu set drum baru sih boleh banget [tersenyum].

4. Suasana paling tenang yang pernah kamu rasakan. Di manakah itu?

Sering menemukan ketenangan tuh kalau di alam sih. Dulu pernah pas daki Gunung Papandayan, malamnya langit clear banget enggak kena polusi cahaya jadi bintangnya kelihatan jelas. Itu momen yang paling menenangkan sih bagi gua.

5. Apa yang membuat kamu tertarik untuk bermain musik?

Awalnya tertarik main musik karena sepupu gua. Waktu itu dia main drum dan gua ikut-ikutan [tertawa]. Tapi setelah itu gua menemukan kalau main drum itu satisfying banget, semua alat musik sih seharusnya. Ada sesuatu di musik yang bikin ketagihan dan pengen explore terus.

6. Kapan terakhir kali kamu merasa takut dalam hidup?

Kapan ya. Kayaknya terakhir kali pas gua nonton Bly Manor deh, kemarin (16/10) banget [tertawa].

 

7. Adakah pengalaman yang pernah kamu alami tentang pembunuhan karakter?

Sampai saat ini belum ada, dan jangan sampai kejadian sih.

8. Kamu merasa menjadi perempuan yang spesial karena…

Hmmm karena menjadi perempuan itu sendiri sudah menjadi hal yang spesial sih. Enggak perlu banyak faktor untuk menjadi spesial. Just be who you really are, that’s special.

9. Sebuah permainan yang biasa kamu lakukan waktu kecil yang kamu rindukan?

Dulu suka banget ular tangga. Walaupun enggak hoki banget mainnya kalah terus, tapi seru saja [tertawa]. Kangen juga main Pepsiman PS 1, atau Guitar Hero, Grand Theft Auto (GTA), Crash Bandicoot [tertawa] banyak sih.

10. Kue yang kamu suka: pancong atau pukis?

Jujur, belum pernah coba Pancong. Jadi, gua pilih Pukis.

11. Beban terberat menghadapi diri sendiri adalah..

Hmmm kalau lagi suka merasa kurang. Kurang ini, kurang itu. Harusnya bisa lebih ini, lebih itu. Terus kepikiran sendiri. Tapi kalo lagi di fase itu biasanya inget-inget lagi hal-hal yang sudah dicapai dan bersyukur lagi.

12. Siapa fotografer lokal favoritmu?

RAZAK (@razakpf), temen satu SMA dulu. Karyanya bagus banget banget banget. Salah satunya artwork-nya album Selamat Datang dan suka banget! Karya-karya lainnya juga selalu bikin takjub.

13. Sebutkan tiga video musik dari band atau musisi Indonesia terbaik versi kamu!

Kunto Aji “Pilu Membiru Experience”, Mikha Angelo “Middle Ground”, dan Biru Baru “Terbenam”.

14. Apa barang termahal yang pernah kamu beli? Padahal kamu tidak terlalu membutuhkannya.

Sepertinya drum elektrik. Pas beli bukan necessity sih, tapi sudah impian dari lama punya drum walaupun belum yang acoustic. Tapi yakin banget nanti bakal jadi kebutuhan pada akhirnya.

15. Jika kamu membentuk girl band, siapa saja isinya selain kamu?

Siapa ya. Pengen sih bareng Hayley Williams, Amber Bain, Anne Hathaway, sama Scarlett Johansson [tertawa] karena idola semua.

16. Kamu mendapat kesempatan untuk kembali ke masa lalu. Di fase mana yang akan kamu perbaiki?

Kayaknya enggak pengin ke fase mana-mana deh. Takutnya, kalau diperbaikin turns out enggak lebih baik kayak di The Butterfly Effects [tertawa] kebanyakan nonton film. Sudah bersyukur banget sama hal-hal yang sudah didapat sekarang.


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Rizky Febian dan Kejutan-Kejutan Tentang Cinta

Belum puas dengan empat nomor tunggal yang dihadirkan di sepanjang tahun, kini Rizky Febian kembali menghadirkan sebuah nomor tunggal terbarunya.

Vira Talisa Bawakan Kembali Karya Candra Darusman

Mengenai album Detik Waktu #2 – Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman, kabarnya sudah memasuki proses final dan akan segera rilis di tahun 2022 mendatang.