16 Pertanyaan: Zizi

Jun 5, 2022

Musisi yang kini menetap di Bandung, Zizi baru selesai menjalani Hometown Tour. Ia singgah ke empat titik di tempat asalnya, Sumatera Barat dalam rangka promosi mini album perdana, Unelevated sekaligus mewujudkan sebuah rencana.

“Setelah tampil pertama kali di Padang tahun lalu sebagai Zizi, aku udah ngebayangin Hometown Tour ini secara personal. Rasanya pengin memperluas pengalaman itu. Enggak tau kenapa, rasanya enjoy banget untuk tampil di tempat asalku waktu itu, dan ingin lebih banyak orang-orang dari tempat tinggal asalku buat bisa dengerin lagu-laguku,” kata Zizi kepada Pophariini (02/06).

Dari sekadar membayangkan itu, akhirnya tujuan yang dirancang bisa terwujud. Zizi berharap perasaan yang menonton juga bisa terwakili olehnya sebagai musisi yang berasal dari daerah yang sama dengan mereka. Ide Hometown Tour sendiri datang dari rekannya, Bang Verdy yang memberikan masukan sampai tur bisa berjalan.

Zizi bersama band pengiringnya. / Dok: Zizi.

Saat ini, Zizi juga sedang proses mempersiapkan materi baru untuk album penuhnya. Bahkan, ia sudah berpikir agar bisa menjalankan tur lain, misalnya Pulau Jawa.

Zizi mengaku, pengalaman berharga yang didapat. Bukan hanya tentang bernyanyi dan bertemu penggemar. Tentu ia mendapat respons dari penonton yang berbeda pula.

“Hal lain yang menurutku paling berharga adalah kesempatan untuk bonding dengan teman-temanku dari Padang dan the opportunity untuk saling belajar dari satu sama lain terkait pengalaman dan pengetahuan masing-masing tentang skena musik lokal,” tutup Zizi.

Dan inilah jawaban untuk 16 pertanyaan yang kami ajukan kepadanya.


1. Siapa kira-kira yang cocok menjadi Presiden RI berikutnya setelah Jokowi?

Menurutku, siapapun yang jadi Presiden RI selanjutnya harus punya quality yang bisa memperluas platform bagi anak-anak muda Indonesia untuk berkarya dan mengekspresikan diri. 

 

2. Nasihat yang kamu anggap omong kosong?

Don’t count your chickens before they hatch karena menurutku mengandaikan masa depan justru bisa jadi motivasi yang cukup kuat untuk bekerja keras. 

 

3. Satu macam produk kosmetik yang wajib kamu stok?

Liquid eyeliner. Aku punya kantung mata yang cukup gelap. Jadi, aku butuh eyeliner hitam yang entah kenapa justru ngebantu buat kantung mataku enggak terlalu jelas. 

 

4. Apa yang berbeda dari hidup kamu selama setahun belakangan ini?

Tahun ini aku lebih banyak berkarya sebagai Zizi dan juga perform sebagai Zizi lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Aku juga dapat kesempatan untuk kerja sama dengan teman-teman terpercaya yang sekarang jadi bagian dari timku dan teman-teman lainnya yang dengan senang hati jadi bagian dari proses produksi mini albumku, Unelevated

 

5. Seberapa khawatir tentang apa yang orang lain katakan/pikirkan tentangmu? 

Aku cukup mementingkan opini orang lain tentang aku, terutama orang-orang di sekitar aku. Mungkin aku bisa dibilang punya trait yang people-pleasing. Tapi, belakangan ini aku mau belajar untuk memikirkan diri sendiri juga. 

 

6. Nama kucing peliharaan pertama kamu?

Kucing yang pertama kali tinggal di rumahku namanya Gotham, kucing british bombay yang sekarang justru lebih banyak nempel sama Papaku. Sekarang aku punya tiga kucing, including Taenggoo dan Becky. 

 

7. Teknologi terkini yang kamu rasa tidak berpengaruh baik untuk kehidupan manusia?

Air conditioner karena awalnya kita butuh supaya enggak kepanasan. Tapi justru sekarang malah bikin bumi makin panas karena pemanasan global. 

 

8. Peran kota Bandung di perjalanan bermusikmu? 

Aku mulai step pertama karierku sebagai songwriter dan penyanyi di kota ini. Dimulai dari aku nyanyi di sebuah cafe di Setiabudi. Terus kenalan sama teman-teman baru yang pemusik juga, sampai aku mulai produksi karya pertamaku “Company”, dan karya-karyaku yang aku tulis setelahnya. Semuanya possible di kota Bandung

 

9. Menurut pendapatmu yang harus dilakukan seseorang ketika mengalami disorganisasi keluarga?

Kita harus pikirin juga diri sendiri karena disorganisasi keluarga dampaknya bisa negatively huge buat psikologi anggota keluarga dan harus paham juga kalau beberapa hal enggak harus jadi tanggung jawab kita untuk memperbaiki. 

 

10. Kegiatan yang selalu membuat hidup kamu bahagia?

Singing. Benar-benar di segala mood yang aku alami pasti akan berubah secara positif kalau aku lampiasin dengan nyanyi. 

 

11. Masakan Padang yang ternyata cuma enak dibeli dan dimakan di Padang?

Sate padang karena cuma di Padang yang aku bisa ngerasain sate Padang yang dagingnya kerasa manis. Kombinasinya enak banget sama kuah sate Padang yang pedas. 

 

12. Jika kamu mendapat kesempatan untuk menyelenggarakan sebuah acara penghargaan musik. Kira-kira apa nama ajang tersebut?

Muzi mungkin ya? [tertawa]. Wordplay dari musik dan Zizi.

 

13. Olahraga favoritmu saat zaman sekolah?

Sebenarnya, aku anaknya enggak punya jiwa atletik sama sekali. Tapi pas zaman sekolah, aku biasanya lumayan niat kalau main badminton. 

 

14. Siapa orang yang kamu anggap “My person” banget?

Saat ini orang yang jadi tempat ceritaku tentang semua hal dan semua episode itu pacarku. Orang yang bisa buat aku nyaman obrolin apapun meskipun kalimatku mungkin sulit dipahami. Tapi dia bisa selalu buat aku merasa diapresiasi in any scenario. 

 

15. Pilih mana: jatuh cinta sama orang tak dikenal bisa langsung jadian atau jatuh cinta sama teman dekat tapi enggak bisa jadi pacar?

Menurutku mending jatuh cinta sama teman dekat tapi enggak bisa jadi pacar karena aku lebih pentingin emotional bond dibanding status.

 

16. Sebutkan 3 lagu Indonesia yang menurut kamu lebih enak versi cover (dibawakan orang lain) daripada aslinya dan jelaskan alasannya!

  1. Dia – Reza Artamevia

Kebetulan lagu ini versi Reza Artamevia yang pertama kali aku dengar. Video musiknya jadi salah satu poin iconic-nya dalam otakku. 

  1. Kaulah Segalanya – Sammy Simorangkir

Karena menurutku suara Sammy Simorangkir di lagu ini nambahin rasa manis dari liriknya. 

  1. Panah Asmara – Afgan

Meskipun versi asli Chrisye selalu ada di hati. Aku suka versi Afgan karena bagian bridge ditambah vokal yang penuh sama layer-layer harmonisasi cukup satisfying buat aku.


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

20 Tahun Cintailah Cinta: Cinta Dewa Belum Bertepuk Sebelah Tangan

Jika misi Dhani untuk menjadikan album Dewa, Cintailah Cinta sebagai tambang uang setelah kesuksesan Bintang Lima, maka “Pupus” adalah jawabannya

T-Five Reuni di “One in a Million”

“One in a Million” juga menjadi sebuah penghubung menuju konsep terbaru T-Five, yakni TBF (T-Five Big Family) yang menggandeng para personel terdahulu.