1478

30 Tahun Album Semut Hitam: 5 Lagu Pilihan Dari Album Terlaris God Bless

Dirilis 30 tahun silam, album ke 3 ini meledak di pasaran dan menjadi album paling laris sepanjang karier God Bless. Dirilis tahun 1988 dengan jeda sangat lama. 10 tahun berselang dari album sebelumnya, Cermin yang dirilis tahun 1980. Penantian lama album ini terbukti sangat berharga. Selain albumnya yang sukses di pasaran, album ini juga berjasa memicu kelahiran band rock Indonesia generasi berikutnya dan membuktikan bahwa pasar musik rock di Indonesia tu jelas ada.

Berbeda dengan 2 album sebelumnya, God Bless dan Cermin yang bernuansa progresif, Album Semut Hitam sangat dipengaruhi oleh musik glam rock/metal yang memang sedang populer di barat pada saat itu. Tidak heran jika di album ini lagu-lagunya banyak yang menghentak dan lebih cocok untuk di sing a long-kan dan bernyanyi bersama di panggung besar. Dalam rangka usianya yang memasuki 30 tahun simak 5 lagu pilihan Pop Hari Ini yang mendefinisikan album Semut Hitam ini.

Baca juga:  5 Lagu Indonesia Pilihan Afgan

 

Kehidupan

Menjadi single pertama dari album Semut Hitam dan langsung menggebrak musik Indonesia di era itu. Lagu bertempo menghentak ini ditulis oleh almarhum Yockie Surjoprajogo yang saat itu merupakan kibordis God Bless. Lagu yang ditaruh sebagai pembuka di album ini banyak memuat sempilian isian-isian kibor penting bernuansa progresif seorang Yockie. Bagian paling berkesan dari lagu yang bernuansa sosial tentu saja bagian lirik: “Apa itu? Susu Anak ku”. Dan lirik penutup: “Pikirkan, renungkan, pikirkan, renungkan, pikirkan. Bilakah mereka semua kau pikirkan?”