30 tahun Berkarya, NTRL Rilis “Kita”

Nov 22, 2022

Perjalanan NTRL sebagai sebuah band akhirnya menyentuh usia 30 tahun berkarya. Berawal dari tongkrongan antar sekolah SMA 60 (Bimo dan Bagus) dan SMA 55 (Alm. Miten) yang memulai band ini dengan segudang mimpi, menjalankannya dengan beragam prestasi dan intrik antar personel, sampai kini sudah menjadi salah satu band rock alternatif legendaris di Indonesia.

Terlepas dari segala pencapaiannya, Bagus (vokal, bass) sebagai satu-satunya personel asli NTRL yang sampai saat ini sudah merilis 14 album studio, deretan hit, dan meraih beragam penghargaan ini  mengaku bahwa fase 30 tahun adalah anugerah yang tidak disangkanya. 

“Dulu kita sama kok kayak temen-temen lainnya. Latihan band, punya mimpi manggung bareng teman-teman se-tongkrongan. Nggak berbeda jauh,” kisah Bagus menceritakan awal karier bermusiknya dengan NTRL.

Sebagai penanda tiga dekade eksistensi mereka di kancah musik, NTRL merilis single terbarunya bertajuk “Kita” sebagai ucapan terima kasih mereka kepada Sang Pencipta, keluarga, sahabat, penggemar bahkan siapa saja yang pernah bekerja sama dan bersinggungan dengan band mereka selama ini. 

“’Kita’ ini bisa bilang sebuah lagu yang menceritakan tentang persahabatan. Anthem kebahagiaan kita karena telah dipertemukan sama orang-orang yang begitu baik, berjasa, dan bersejarah, selama kita bermusik. Ketika kita tidak bisa berjumpa lagi kelak, lagu ini akan menjadi kenangan bahagia kita yang pernah dirajut bersama-sama,” ujar lelaki yang kerap disapa Ombags ini.

 

Proses pembuatan lagu ini juga khusus dilakukan oleh NTRL di Kawasan Sukawati, Ubud, Bali. Gitaris Coki Bollemeyer mengaku proses workshop yang dilakukan di tempat tersebut betul-betul mempengaruhi output dari “Kita”.

Lagu ini juga sekaligus menjadi jembatan untuk album penuh NTRL selanjutnya. Ke depannya, grup asal Jakarta ini juga akan merilis lagu-lagu lain secara estafet untuk dinikmati para NTRLizer (sebutan untuk fans mereka) sebelum perilisan album penuh tersebut.

Sang drummer, Eno menjelaskan bahwa lewat single ini dan single-single berikutnya, mereka ingin tetap menyenangkan penggemar lama sambil merangkul penggemar baru.

Hal ini terlihat dari eksplorasi musik yang hadir dengan beat simpel dan nggak melulu cepat, suara gitar clean yang mendominasi dan perpaduan nuansa musik 80-90an yang dibalut dengan sound kekinian.

Perayaan 30 tahun ini juga ingin dilakukan berbeda dari perayaan di tahun-tahun sebelumnya. Seremonial musikal yang berbeda dan spesial juga sedang dipersiapkan oleh grup ini dengan rencana mengundang teman-teman musisi yang memiliki cerita dengan NTRL.

“Berbeda lagi dari seremoni 25 tahun, kemudian 28 tahun, ke-30 tahun, NTRL akan buat lagu persembahan khusus buat penikmat musik, khususnya NTRLizer. Mudah-mudah dalam waktu dekat terealisasi sehingga kita punya momentum spesial di 30 tahun NTRL berkarya ini,” pungkas Ombags.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Marizka Juwita Rilis Single Baru tentang Perpisahan

Setelah bercerita tentang orang yang gampang jatuh cinta di single sebelumnya, kali ini Marizka Juwita mengeluarkan lagu soal perpisahan dengan seseorang.

Era Baru Seorang Salim Lubis

Di momen ini, Salim Lubis menjawab sebuah tantangan di perjalanan bermusiknya terdahulu, yakni menulis sebuah lagu dengan bahasa Indonesia.