5 Alasan Burgerkill Enggak Bubar

Oct 28, 2023

Tahun 2023 menjadi masa yang cukup sibuk bagi Burgerkill. Pasalnya, salah satu band metal besar di Indonesia ini berkesempatan menjalankan tur bersama Seringai dalam tajuk High Octane Metal Engine (H.O.M.E.).

Rangkaian tur yang dimulai Juli di area Jawa Barat ini membawa Burgerkill dan Seringai ke berbagai kota di Indonesia, seperti Makassar, Bekasi, Medan, hingga panggung festival Pestapora 2023 di Gambir Expo, Jakarta.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BURGERKILL (@burgerkillofficial)

Saat ditemui Pophariini usai mereka tampil di Pestapora (24/09), Burgerkill yang saat itu diwakili oleh Agung ‘Hellfrog’ (gitar) dan Ramdan Agustiana (bas) berbagi cerita tentang latar belakang bagaimana H.O.M.E. Tour 2023 bersama Seringai bisa terjadi.

“Sebetulnya obrolannya udah lama banget, jadi kami ketemu Seringai di event tuh memang sering. Dari ketemu kayak gitu, kami juga sering bikin obrolan yang mengerucut ke situ,” kata Agung.

Setelah mengalami beberapa fase yang mengharuskan rencana tur tertunda, Burgerkill dan Seringai akhirnya kembali dipertemukan dalam satu panggung di akhir 2022 lalu. Agung mengatakan, momen tersebut membuat kedua band memutuskan untuk membahas rencana tur lebih serius lagi, dan akhirnya dijalankan pertengahan 2023.

Saat ditanya mengenai pertemanan antara Burgerkill dan Seringai, baik Agung maupun Ramdan sepakat, bahwa mereka merasa semua personel Seringai memiliki frekuensi yang sama dalam hal apa pun.

“Jalanin tur tuh gak perlu adaptasi lagi karena kami memang satu tongkrongan bareng, sering ketemu juga. Benar-benar kami kayak dapat playground untuk main dan senang-senang bareng,” jelas Agung.

Seperti slogan Keep Smokin’ Metal Engine yang kerap mereka usung, kami sempat menanyakan 5 alasan mengapa Burgerkill yang sudah berdiri sejak tahun 1995 ini masih memiliki semangat untuk terus menyalakan mesin metal mereka.

Simak jawaban lengkapnya di bawah ini.

Banyak pertanggungjawaban

“Seiring berjalannya waktu, kami sama-sama berpikir juga, ternyata banyak yang harus kami pertanggungjawabkan.” – Agung

 

Dukungan orang sekitar

Support dari teman-teman, keluarga, dan lingkungan sekitar juga bikin kami punya spirit lagi untuk lanjutin (Burgerkill).” – Agung

 

Dukungan Begundal

Ramdan mengungkapkan, kehadiran para penggemar Burgerkill yang biasa disebut Begundal juga menjadi alasan bagi para personel untuk tetap mempertahankan band ini.

 

Meneruskan warisan alm. Eben

“Kami merasa, harus terusin pertanggungjawaban alm. Eben.” – Agung

 

Banyak rencana dan tujuan di depan

“Masih banyak rencana-rencana tur yang sudah kami susun, itu belum terealisasikan. Maksudnya, sudah tinggal eksekusi sebenarnya, salah satunya juga ini.” – Ramdan

“Masih banyak tujuan dan mimpinya Burgerkill di depan yang harus dieksekusi.” – Agung

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Langit Sore, GFRN, dan Cacha Sholastica Bahas Pengkhianatan Cinta dalam Firasat Berbisik

Kolaborasi bukan suatu hal baru bagi grup musik asal Yogyakarta, Langit Sore. Kali ini mereka menggaet Cacha Sholastica, dan GFRN untuk single berjudul “Firasat Berbisik” yang resmi beredar hari Jumat (29/03) lalu. Terbentuk sejak …

Eksplorasi Genre Tiderays di Single Heal or Mend

Tiderays asal Semarang resmi merilis single anyar mereka dalam tajuk “Heal or Mend” hari Jumat (29/03) dengan menggaet Vajra Aoki dari Femm Chem sebagai kolaborator. Sebelumnya band sudah pernah merilis album bertajuk 401 tahun …