5 Album Indonesia yang Memengaruhi Karier BAP.

Aug 19, 2023

Kareem Soenharjo atau yang dikenal dengan nama panggung BAP. mengumumkan, bahwa ia akan merilis album mini tahun ini yang dilanjutkan dengan album penuh tahun depan.

Pria yang mengaku ingin menjadi musisi karena terinspirasi film School of Rock (2003) ini mengatakan, album mini terbarunya menghadirkan 3 lagu yang siap beredar di setiap tanggal 25 pada bulan Agustus hingga Oktober mendatang.

“Gue pengin tanggal 25 (Agustus) ini single pertama, 25 bulan depan single ke-2, terus baru nanti bulan ke-3 di-package jadi EP,” kata Kareem saat ditemui Pophariini usai tampil di The Sounds Project 2023 (12/08).

Album penuh yang direncanakan rilis tahun depan tidak akan menampilkan 3 lagu yang terdapat di album mininya. Menurut Kareem, album penuh terbaru nanti punya narasi yang kental dan agak menjauh dari genre hip hop seperti 2 album sebelumnya, MOMO’S MYSTERIOUS SKIN (2021) dan monkshood (2018).

Kareem mengaku, materi album penuh terbarunya bersifat intim dan pribadi. Jika album tidak mendapatkan perhatian seperti karya-karya yang sebelumnya, ia siap mengambil risiko. 

“Sebenarnya ada kemungkinan gak bakal sukses juga ya. (Lagu-lagunya) Gak segampang dicerna MOMO. Tapi ya, namanya berkarya harus dicoba dulu,” tegas Kareem.

Sembari menunggu perilisan single pertama album mini terbaru BAP., simak 5 album Indonesia yang memengaruhi kariernya di bawah ini. Siapa tau pengaruh dari album-album yang dipilih menjadi kisi-kisi warna musik untuk materi terbarunya.


Trilogi Peradaban – Zoo

“Pertama kali nonton di Rossi. Mas Rully (Shabara) an insane vocalist. Noise rock Jogja, one of the best honestly. Mereka punya lagu nasional Indonesia, ‘Berkibarlah Benderaku’, tapi mereka bikin noise rock. It’s amazing, so good.”

 

Sorealist – Sore

“Pertama kali nonton pas Mugal (Music Gallery), waktu SMA. Itu pertama kali nonton, gue belum pernah dengar lagunya sama sekali. Dan Sore membentuk gue untuk bagian lagu-lagu yang lebih merdu dan melankolis.”

 

Kinanti – Andien

Amazing album. Ini benar-benar album yang terlalu maju untuk masanya. Sampai sekarang masih fresh. ‘Sahabat Setia’, ‘Once I Loved’, everything is good.”

 

Tiga Angka Enam – Forgotten

“Ini album sound design-nya gue dengerin pas masih SMA, amazing. Lagu yang ‘Tiga Angka Enam’ tuh ada suara kayak desert-desert-nya, itu bikin gue takut banget dari kecil. Sampai sekarang gue masih takut dengarnya. Amazing songwriting, liriknya juga provokatif banget, I love it.”

 

Detourn – The SIGIT

“Ini kayaknya gak perlu alasan. It’s one of the best Indo progressive rock album of all time. Cover-nya bagus, secara visual packaging-nya udah benar, secara audio juga. ‘Conundrum’, ‘Détourné’, everything is perfect about that album.”


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Bersiap Album Baru, Figura Renata Hadirkan Single Tuan Kelana

Sejak Februari 2024 Figura Renata mengeluarkan satu per satu single dengan tema dan pesan yang beragam, dimulai dari “Menyerah Pada Dunia”, “Dan, Jika …”, “Ayah Ibu”, “Sangkar”, hingga “Ada Yang Harus Dimenangkan”. Perilisan kelima …

Arash Buana Rilis Single Friends Menuju Album Baru

Setelah mengeluarkan single “i really do love her <3” bulan Februari 2024, Arash Buana melanjutkan perjalanannya menuju album baru dengan merilis single bertajuk “friends” hari Jumat (19/04).  Melukiskan fase umum yang terjadi dalam kehidupan …