5 Album Indonesia yang Memengaruhi Karier Iksan Skuter

Sep 17, 2023

Jangan tanya berapa jumlah karya musik yang sudah dihasilkan musisi satu ini. Melihat catatan 2 tahun terakhir, ia telah mengantongi 3 album penuh, 4 album live, dan 5 single lepasan. Dia adalah Iksan Skuter yang muncul di tahun 2012 membawa album perdana berjudul Matahari. Kami berkesempatan menemuinya usai manggung di hari kedua Synchronize Festival untuk menanyakan apa 5 album yang memengaruhi karier bermusiknya. Simak langsung di bawah ini.


Self-titled – Kantata Takwa

“Album dengan komposisi musik yang bagi saya perfect karena ada (W.S.) Rendra (sebagai) penulis lirik, (Sawung) Jabo sebagai arranger dan dia mengatur pertunjukan yang kolosal. Ada Yockie Suryoprayogo yang mengatur aransemen sehingga megah dan gagah. Ada Iwan Fals di sini sebagai (sosok) iconic penyuara rakyat waktu itu. Dan ini komposisi yang paling keren menurut saya. Dari tematik, aransemen, konsep panggung, konsep apapun. Itu Kantata Takwa.”

 

4 Through The Sap – Pas Band

“Ini album yang pertama kali (membuat) saya tau konsep indie.”

 

Suit Suit… He He Gadis Sexy – Slank

“Ini memperkenalkan saya dengan lirik-lirik yang tongkrongan dan keluar dari pakem. Jadi, saya rasa ini sangat revolusioner di telinga waktu itu.”

 

Indra Lesmana ‘90 Aku Ingin – Indra Lesmana

“Di album ini Indra Lesmana banyak memakai sound synthesizer, yang bagi saya ‘Ini apaan ya?’. Itu sound-sound yang baru-baru saya dengar.”

 

Balada Wagiman Tua – Franky Sahilatua

“Di sini saya mendengar tematik-tematik yang jarang saya dengar sebelumnya. Ada cerita soal kehidupan para transmigran ketika cabut dari desanya, kemudian mereka menempati tempat baru di wilayah transmigrasi dan lain sebagainya.”


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Spontanitas dan Eksplorasi Jadi Kunci Album Baru Sal Priadi

Mundur dari target akan beredar 2 tahun lalu, Sal Priadi akhirnya memantapkan diri untuk segera melepas album penuh kedua MARKERS AND SUCH PENS FLASHDISK akhir Maret 2024. Sebelum bisa didengarkan secara penuh, Sal memberikan …

Teddy Adhitya Ciptakan Kapsul Waktu dalam Videoklip Kembalikanku

Teddy Adhitya kembali merilis videoklip baru dari album semua, semua. berjudul “Kembalikanku” via kanal YouTube teddyadhitya hari Jumat (23/02) menyusul perilisan videoklip “Seperti Setiap Hari” dan “Caraku, Caramu”.   Lagu “Kembalikanku” merupakan trek ke-6 …