5 Album Indonesia yang Memengaruhi Karier Saykoji

Nov 18, 2023

Di hari pertama perhelatan FLAVS 2023 pertengahan Oktober lalu, kami berkesempatan menemui Igor Saykoji untuk menanyakan 5 album Indonesia yang memiliki pengaruh dalam kariernya.

Sebelum masuk ke topik utama, Igor Saykoji yang tampil 2 kali di FLAVS sempat membagi pandangan soal festival tersebut.

“Menyenangkan karena (FLAVS) nunjukkin bahwa sebetulnya banyak pelaku hip hop, banyak lagu-lagu yang oke, dan banyak konsep yang bisa ditawarkan untuk masyarakat melihat performance hip hop tuh seperti apa,” kata Igor.

Ia juga mengaku senang dengan perkembangan tempat penyeleggaraan FLAVS yang tahun ini lebih besar dibanding tahun sebelumnya. Menurut Igor, pemilihan Gambir Expo semacam pembuktian untuk mengenalkan hip hop ke audience yang lebih luas lagi.

“Yang harus diingat, berani berpikir lebih luas di luar hip hop. Identitas lo hip hop, tapi jangan lupa bahwa audience terbesar di Indonesia kebanyakan dari mereka yang gak dengerin hip hop,” pesan Igor kepada para rapper muda.

Usai perbincangan singkat tersebut, Igor langsung menyampaikan 5 album Indonesia yang memengaruhi kariernya. Simak jawabannya di bawah ini.

Pesta Rap 1, 2, 3 – Various Artists

 

Sebelum gue dengerin Iwa K, gue dengerin Pesta Rap 1, 2, dan 3. Ini semua bisa dibilang membentuk gue untuk sadar, bahwa waktu gue mau berkarya, mau bikin lagu, gue akan bercerita tentang hal-hal yang relevan dan itu yang gue dapat dari Pesta Rap 1, 2, dan 3. Semua temanya, tema-tema yang orang Indonesia dengar lagunya, “Oh gue tau nih, gue paham apa yang mereka ceritain”.  

 

Self-titled – P-Squad

 

Kombinasi antara 2 grup jebolan Pesta Rap, Sweet Martabak sama Blakumuh. Sweet Martabak itu lebih kue-kue, lagunya lebih fun. Blakumuh itu lebih yang idealisme hip hopnya tuh kental banget. Ini kombinasi yang pas menurut gue.

 

X-CALIBOUR – Ini Baru

 

Gue merasa mereka grup rap yang keren banget yang masing-masing personelnya punya karakter sendiri, unik. Gue merasa kayak dengerin Wu-Tang Clan versi Suroboyo. Seru banget X-CALIBOUR.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

5 Pertunjukan yang Wajib Ditonton di We The Fest 2024

We The Fest akan berlangsung beberapa jam lagi. Festival garapan Ismaya Live ini menghadirkan sejumlah musisi lokal maupun internasional selama tanggal 19-21 Juli 2024 di GBK – Sports Complex, Jakarta Pusat.    View this …

Penyanyi Hip Hop Aceh, Kwalik Mega Melepas Album Penuh Perdana Smoke’s

Penyanyi hip hop asal Aceh dengan nama panggung Kwalik Mega resmi meluncurkan album penuh perdana dalam tajuk Smoke’s hari Jumat (12/07). Album Smoke’s dirasa rapper bernama asli Tommy Ferrariza ini adalah representasi dari situasi …