5 Artis Indonesia Teratas 2023 Versi Spotify

Dec 1, 2023

Menuju penghujung tahun, Spotify menghadirkan acara siaran langsung Spotify Wrapped Live Indonesia 2023 hari Kamis (30/11) yang mengambil tempat di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Ini menjadi momen perdana Spotify Wrapped mengumumkan nama-nama musisi yang teratas di salah satu stasiun televisi swasta dalam rangka merayakan pencapaian para kreator dalam dan luar negeri, serta bagaimana para pendengar menikmati karya mereka.

Spotify Wrapped sendiri adalah selebrasi kultural, di mana Spotify mengungkapkan perjalanan audio yang telah didengarkan oleh lebih dari 574 juta orang di seluruh dunia.

“Tahun ini temanya adalah menunjukkan apa sih yang sebenarnya kalian rasakan. Karena dengan musik dan podcast, benar-benar menunjukkan apa yang sebenarnya kalian rasain di tahun 2023 ini,” ungkap Cassandra Aprilanda, Marketing Lead Spotify Indonesia saat ditemui di green carpet Spotify Wrapped Live Indonesia 2023.

Selain mengungkap data personal dari para pendengar, Spotify Wrapped juga menampilkan deretan lagu atau musisi yang paling banyak diputar melalui berbagai kategori Top List.

Lewat pencapaian yang diraih oleh musisi Indonesia, Spotify mengumumkan siapa saja 5 artis teratas yang paling banyak di-stream tahun ini. Simak langsung daftarnya.

Tulus

 

Tulus berhasil mempertahankan pencapaiannya di Spotify Wrapped tahun lalu dengan kembali menjadi nama teratas untuk daftar Artis Indonesia dan Artis Laki-Laki Indonesia Teratas tahun ini. Dua albumnya, Monokrom dan Manusia juga masuk ke daftar Album Indonesia Teratas di sepanjang 2023.

 

Mahalini

 

Album fábula yang rilis awal tahun 2023 berhasil mengantarkan Mahalini ke posisi ini. Bagaimana tidak, 5 lagu dari album tersebut berhasil meraup lebih dari 80 juta pendengar. Bahkan, lagu berjudul “Sial” sudah diputar sebanyak 263 juta kali semenjak diluncurkan.

 

Tiara Andini

 

Tahun 2023 mungkin menjadi momen monumental bagi solois jebolan ajang pencarian bakat satu ini. Pasalnya, selain menghadirkan nuansa musik yang baru di lagu “Flip It Up”, ia juga mendapatkan atensi dari 84 juta pendengar untuk single kolaborasinya bersama Yovie Widianto, Lyodra, dan Ziva Magnolya dalam judul “Menyesal”.

 

Nadin Amizah

 

Perilisan lagu “Rayuan Perempuan Gila” dengan segala kesuksesannya di pertengahan tahun ini cukup memvalidasi pencapaian yang diraih oleh Nadin. Mendapatkan total 91 juta pendengar, lagu tersebut juga mampu mengawali dengan baik perilisan album keduanya, Untuk Dunia, Cinta, dan Kotornya yang hadir beberapa bulan setelahnya.

 

Hindia

 

Album Lagipula Hidup Akan Berakhir yang memiliki 28 lagu ternyata hanya menghasilkan 1 lagu yang bisa mengantar proyek solo Baskara Putra ini ke urutan 5 teratas. Lagu berjudul “Cincin” sudah memiliki lebih dari 50 juta pendengar dan menjadi lagu yang paling sering diputar dari album kedua Hindia.

Tak hanya mengeluarkan daftar Artis Indonesia Teratas, Spotify turut menginformasikan sejumlah kategori termasuk Lagu Indonesia Teratas dan Album Indonesia Teratas sebagai berikut:

 

Lagu Indonesia Teratas 2023

Tak Segampang Itu – Anggi Magito

Komang – Raim Laode

Sial – Mahalini

Kau Rumahku – Raissa Anggiani

Tertawan Hati – Awdella

 

Album Indonesia Teratas 2023

Fabula – Mahalini

Menari dengan Bayangan – Hindia

Monokrom – Tulus

Manusia – Tulus

S/T – Tiara Andini

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Jangar – Malam (EP)

Pelafalan dan karakter vokal Gusten di EP Jangar, Malam, ini mengingatkan pada Yukie PAS band yang melantangkan lirik dengan suara bulat dan diksi lugas

5 Lagu Cinta Indonesia Pilihan Fabio Asher

Kesuksesan lagu “Rumah Singgah” dan “Bertahan Terluka” yang mendapat sambutan lebih dari 100 juta pendengar di layanan streaming musik membawa Fabio Asher sampai di titik ini. Ia juga sudah mengantongi materi baru lewat perilisan …