5 Band Bandung Favorit Suar Nasution

Nov 20, 2021

Suar Nasution bersama bandnya, SUAR merencanakan perilisan album penuh berisi sembilan lagu yang masih belum dipastikan kapan tanggal beredarnya. Single terakhir yang diluncurkan, “Release” bulan Juni 2021.

 

Perjalanan bermusik Suar yang dimulai dari era 90an memang sudah terbilang panjang. Ia sebagai musisi era 90an tentu mengalami di mana karya musik hanya bisa didengarkan ketika membeli kaset atau CD. Suar pun mengaku telah beradaptasi dengan peralihan ke digital streaming platform

“Sebetulnya effort-nya dan lain-lainnya sama, hanya formatnya saja yang berbeda. Hanya di sini ada sedikit ada yang hilang. Yang hilangnya itu adalah kepuasan pada saat kita memiliki sesuatu. Kalau waktu zaman dulu kan CD kita punya nih rilisannya, fisiknya ada. Tapi sekarang fisiknya tuh enggak ada. Tapi, kita bisa mendengarkan kapan saja. Jadi, tidak sesuatu yang lagi yang spesial atau istimewa untuk sebagai pendengar ya,” kata Suar kepada Pophariini (03/09).

Tak jauh beda pendapatnya sebagai pendengar musik maupun pembuat musik tentang rilisan fisik. Bandnya, SUAR pun bakal menyiapkan album fisik jika sudah diperdengarkan nanti. 

“Untuk sebagai pembuat musik, saya sih sebetulnya ingin merilis album dalam bentuk fisik tetap harus ada karena di situ nanti keterikatan si pendengar dengan saya akan lebih kuat,” ungkapnya.

Suar masih nge-band sampai hari ini. Simak lima band Bandung favorit Suar Nasution berikut ini.


1. SUAR

 

Band saya sendiri tentunya karena banyak proses kreativitas yang memang harus berbeda sama orang dan berbeda dengan musik saya yang dulu. Di situ tantangannya lebih banyak.

 

2. Kuburan

 

Saya unik saja lihat mereka dengan dandanan begitu. Lagunya sebenarnya tidak mencerminkan, tidak tercermin dari dandanannya. Sepertinya kita akan mendengarkan band metal, padahal enggak. Mereka secara musikalitas juga catchy banget.

 

3. Burgerkill

 

Burgerkill salah satu band metal Bandung yang sudah mendunia dan mereka juga mengerjakan semua mulai dari merchandising, mulai dari pembuatan album, tur, dan manajemen mereka sendiri. Itu yang saya salut, walaupun saya enggak terlalu nge-fans sama musik metal. Tapi, saya melihat pergerakan Burgerkill gila, itu patut diacungi jempol.

 

4. PAS Band

 

PAS Band karena pertama kali ya kita juga mendapat inspirasi untuk membuat album dan lain-lain dukungannya dari PAS Band. Kita berjalan bersama.

 

5. Puppen

 

Puppen yang sudah bubar karena ya mereka bubar tapi orang-orangnya ‘jadi’ semua kan seperti Arian13, terus Marcell Siahaan. Tapi mereka terbentuk memang karena spirit kebersamaan.


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.

Eksplor konten lain Pophariini

Teddy Adhitya Ciptakan Kapsul Waktu dalam Videoklip Kembalikanku

Teddy Adhitya kembali merilis videoklip baru dari album semua, semua. berjudul “Kembalikanku” via kanal YouTube teddyadhitya hari Jumat (23/02) menyusul perilisan videoklip “Seperti Setiap Hari” dan “Caraku, Caramu”.   Lagu “Kembalikanku” merupakan trek ke-6 …

Jangar Bawakan Ulang Lagu Iwan Fals di Album Mini Terbaru

Jangar merilis album mini terbaru berjudul Malam hari Jumat (23/02) dengan memasukkan dua single “Artileri” dan “Adiksi” yang rilis 2023 lalu ke dalam daftarnya. Album berisi total enam lagu ini juga menghadirkan satu lagu …