5 Band Lokal dengan Merchandise Terlaris 

Oct 11, 2021
Merchandise Musik

Cara mendengarkan karya dari band atau musisi kesukaan di era ini sudah jarang dilakukan melalui alat pemutar musik. Sekali pun memiliki alatnya, orang-orang dapat dipastikan sudah beralih ke layanan streaming musik. Alat pemutar musik menjadi barang nostalgia setelah zaman dipermudah dengan inovasi. Perubahan tersebut hanya menandai sebuah era, bahwa tak dapat dipungkiri masih banyak juga penggemar yang tetap ingin memiliki merchandise band atau musisi idola mereka sebagai cenderamata. 

Biasanya merchandise yang dikeluarkan para artis berupa kaset, cakram padat, atau piringan hitam untuk mengamankan aset rekaman musik. Sementara itu, barang-barang lainnya meliputi kaus, jaket, hoodie, sepatu, totebag, vest, patch, backpack, beanie, trucker, jersey, workshirt, dan masih banyak lagi yang mengandalkan keunikan. 

Berbicara merchandise sama dengan hidup dari musik. Tak dapat dipungkiri finansial band atau musisi yang terbesar dari memanggung. Begitu pandemi datang, meskipun ada pertunjukan musik online. Pemasukan dari merchandise menjadi keberlangsungan. 

Dalam rencana mengetahui band dengan predikat merchandise terlaris, kami tidak menghubungi band atau musisi melainkan beberapa toko musik yang menjual merchandise mereka, yaitu Rock Nation, Temday Merch Bali, Demajors, Omuniuum, dan Xtreme Merch.

Bagaimana pendapat dari para penjual merchandise yang kerap berkolaborasi dengan band dan musisi. Bagaimana sistem kerjasama mereka dengan band, serta strategi penjualan di masa pandemi ini. 

Pemilik Omuniuum, Boit angkat bicara kalau strategi penjualan merchandise tidak bisa hanya datang dari toko yang perlu mempromosikan jualan mereka. “Ini perlu bersinergi dengan bandnya. Bandnya yang pegang kunci untuk promosi rilisan merchandise,” kata Boit kepada Popharini (08/10). 

Selama pandemi tren membeli merchandise band dan musisi lokal mengalami pasang surut. Penjualan offline sudah pasti menurun akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ternyata, band tertentu diakui Boit tidak terlalu berpengaruh.

Penjualan merchandise artinya dua pihak bekerja sama. Kebanyakan sistem kerjasama yang berlaku seperti lisensi, grosir, dan konsinyansi. Sistem kerjasama konon tidak akan berjalan apabila satu pihak saja yang melakukan promosi. 

Barang bisa laris manis juga tergantung siapa yang merilis. Faktor lainnya, barang harus memiliki unsur memoria yang dicari orang-orang. Mariyos Alam Fajisra selaku Supervisor Rock Nation memberikan contoh dua album Sore.

“Siapa yang enggak tau gimana pergerakan Sore sebagai band independen di tahun 2000-an sebagai pionir di Jakarta. Di album-album itu formasi mereka masih lengkap. Orang-orang tertarik dengan cerita memoria di balik itu. Itu yang bikin merchandise laku. Selain itu, ya kualitas merchandise-nya. Kalau merchandise-nya penuh dengan narasi di belakangnya OK. Tapi kalau kualitasnya biasa saja, ya tetap saja orang-orang mikir buat punya merchandise itu. Ada juga sih yang kayak gitu,” jelas Mariyos kepada Pophariini (07/10).

Sebelum menyimak daftar band dengan merchandise terlaris. Kami ingin jabarkan terlebih dahulu band dan musisi yang jualan kausnya banyak diminati, yaitu Sore ‘Centralismo’ dan ‘Ports of Lima’, Revenge The Fate ‘Redemption’, Siksakubur ‘Tentara Merah Darah’, Noxa ‘Grind Viruses’, The Upstairs ‘Matraman’ dan ‘Comic’, Goodnight Electric ‘VCR’, Harry Roesli ‘Ken Arok’, The Panturas x Shaka Studio, Komunal ‘Hitam Semesta’, dan Goodnight Electric ‘VCR’.

Selain itu, merchandise berupa cakram padat yang dihitung laku banyak di Demajors, ada The Adams ‘Agterplaas‘, Burgerkill ‘Killchestra‘, Mocca ‘Day By Day‘, dan Vira Talisa ‘Primavera‘. 

Inilah daftar band dengan merchandise terlaris selama satu tahun terakhir dari lima toko yang kami hubungi:

 

1. SERINGAI

Raisa X Seringai, Seringai Ishtarkult, dan Danilla X Seringai Ishtarkult (kaus)

 

2. DEADSQUAD 

DeadSquad ‘Horror Profanation’ dan DeadSquad ‘Profanatik’ (kaus)

 

3. NAVICULA

Navicula ‘Alengka’ dan Navicula ‘Bali Berani Berhenti V2’ (kaus)

 

4. THE SIGIT

The SIGIT ‘Phoenix’ (kaus)

 

5. WHITE SHOES & THE COUPLES COMPANY

White Shoes & The Couples Compay ‘Irama Cita’ (kaus) dan White Shoes & The Couples Company ‘2020’ (cakram padat).

 


Terima kasih kepada pihak Rock Nation, Temday Merch Bali, Demajors, Omuniuum, dan Xtreme Merch yang membantu memberikan data penjualan untuk melengkapi artikel ini.

 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Dari Belanda Hingga Jerman, Voice of Baceprot Umumkan Jadwal Tur Eropa!

Trio nu-metal beranggotakan Marsya, Widi dan Sitti ini baru saja mengumumkan jadwal tur Eropa Voice of Baceprot yang nantinya akan melewati beberapa negara.

Holy City Rollers Bocorkan Single Baru “Blister”. Dengarkan Perdana di Sini

Holy City Rollers (HCR), akan merilis lagu terbaru mereka yang berjudul “Blister”. Pophariini beruntung mendapatkan ijin buat kasih denger duluan.