5 Kolaborasi yang Wajib Ditonton di Prambanan Jazz 2024

Jul 1, 2024

Kurang dari satu minggu, festival musik Prambanan Jazz siap kembali digelar tanggal 5-7 Juli di Candi Prambanan, Yogyakarta. Jika tahun lalu diadakan selama 3 hari di 2 minggu yang berbeda, di edisi ke-10 tahun ini festival hanya berlangsung 3 hari.

Panggung Prambanan Jazz juga cukup banyak diisi oleh musisi-musisi yang mengusung format kolaborasi. Kami pun menanyakan kepada para musisi seputar rencana mereka. Simak langsung siapa saja yang wajib disimak nanti dan komentarnya.

 

Jikustik feat. Fanny Soegi

 

Mengaku kolaborasi bukan lah hal yang baru bagi band, pemain bas Jikustik, Aji Mirza Hakim atau akrab disapa Icha mengatakan band sudah pernah melakukannya bersama mantan vokalis Soegi Bornean tersebut di Semarang.

“Jikustik berharap kolaborasi berikutnya di Prambanan Jazz dapat memberikan pengalaman dan ‘rasa’ baru bagi penonton yang telah mengikuti karya kami selama 28 tahun,” kata Icha via WhatsApp (29/06).

Drumer Jikustik, Carolus Liberianto menambahkan, Jikustik akan memberikan sentuhan berbeda untuk lagu-lagu yang bakal dibawakan di kolaborasi ini. Ia juga sempat memberikan apresiasi terhadap Prambanan Jazz yang sudah memasuki 1 dekade. 

“Sebagai salah satu festival musik yang memiliki perjalanan cukup panjang, Prambanan Jazz tahun ini memasuki tahun ke-10. Jikustik akan memberikan sentuhan berbeda di hampir semua karya yang akan kami bawakan,” pungkasnya.

 

Kunto Aji feat. Mitty Zasia

 

Pernah menjadi penampil Prambanan Jazz di tahun-tahun sebelumnya membuat Kunto Aji ingin melakukan hal baru dalam aksinya di panggung sang festival tahun ini. Nama Mitty Zasia yang terlintas di kepalanya saat mendapat tawaran kolaborasi bersama musisi Jogja dari pihak Prambanan Jazz.

“Saya kebetulan sempat photoshoot sama dia. Ya pernah lihat beberapa kali lagu dia seliweran di media sosial juga. Akhirnya minta coba dihubungkan. Kebetulan ternyata dia hafal lagu saya,” kata Kunto Aji via WhatsApp (29/06).

Masih belum mau membocorkan lagu apa yang bakal dibawakan bersama Mitty di panggung nanti, namun solois yang bulan Maret lalu baru melepas single baru bertajuk “Hiduplah Sebelum Mati” ini mengatakan penampilan mereka nanti bakal berjalan dengan konsep impromptu, mengingat waktu persiapan yang cukup sempit.

Kunto yakin dengan kemampuan Mitty dan memastikan aksi mereka nanti akan berjalan seru. “Ya kan namanya juga Prambanan Jazz, jazz kan impromptu ya [tertawa]. Di atas panggung nanti lihat lah, pasti seru,” tegasnya.

 

Batavia Collective feat. Kamga

 

Kolaborasi Batavia Collective dan Kamga sudah terjalin sejak tahun 2018 saat mereka terlibat dalam sebuah aktivasi digital untuk Frekuensi Antara bernama Mixtape Session. Daniel Adisumarta selaku manajer BTVC mengatakan proyek ini akhirnya menghasilkan lagu “Affirmation” yang masuk kompilasi Adiksi Adaptasi garapan label musik Berita Angkasa dan mengantar mereka gabung ke label band saat ini, R&S Records.

Dalam penampilan kolaborasi nanti, Daniel memberikan bocoran, akan ada lagu unreleased BTVC bersama Kamga yang bakal masuk dalam setlist. Selain itu, Doni Joesran (kibor) yang mengaku tampil bersama Kamga bakal terasa natural memberikan pernyataan yang cukup membuat penasaran.

“Yang pasti kami akan membawakan ‘Affirmation’ dan akan ada kejutan lain karena kami akan mengundang satu lagi bintang tamu untuk naik panggung,” ujar Doni via WhatsApp (30/06).

 

Mocca feat. Olski

 

Saat dihubungi Pophariini via WhatsApp hari Sabtu (29/06), vokalis Mocca, Arina Ephipania mengaku sangat senang bandnya bisa bersinergi dengan band asal Jogja yang ia rasa bertalenta di hari pertama Prambanan Jazz 2024, tepatnya di Festival Show Stage.

“Rasanya seperti mendapatkan keluarga baru,” kata Arina tentang kolaborasi bersama Olski.

Belum banyak yang bisa disampaikan soal kolaborasi Mocca dan Olski di Prambanan Jazz 2024, namun menurut Arina, yang pasti kedua band bakal bertukar lagu di panggung.

 

Indra Lesmana feat. Eva Celia

 

Sampai lupa kapan terakhir menyaksikan Indra Lesmana di sebuah festival musik. Setelah kami menonton putrinya di festival musik yang berlangsung di Bali, kali ini Eva Celia akan hadir di panggung sang musisi dalam penyelenggaraan Prambanan Jazz.

Sampai artikel ditulis kedua musisi belum memberikan komentar apa pun soal persiapan. Jika melihat video mereka di beberapa panggung melalui YouTube, kami yakin kolaborasi sang maestro jazz Indonesia dan putrinya ini patut dinantikan.

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Penyanyi Hip Hop Aceh, Kwalik Mega Melepas Album Penuh Perdana Smoke’s

Penyanyi hip hop asal Aceh dengan nama panggung Kwalik Mega resmi meluncurkan album penuh perdana dalam tajuk Smoke’s hari Jumat (12/07). Album Smoke’s dirasa rapper bernama asli Tommy Ferrariza ini adalah representasi dari situasi …

Ternoda Asal Sragen Bawa Unsur Film Horor di Single Jerat

Sragen, salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah melahirkan band baru bernama Ternoda. Mereka baru saja merilis single perdana bertajuk “Jerat” hari Minggu (14/07) via kanal Bandcamp. Jerat by Ternoda Awalnya, Ternoda …