345

5 Lagu Indonesia Pilihan Diskoria

kika: Aat dan Merdi Diskoria / foto: Pohan

Bola disko yang memantulkan cahaya di kelab malam sudah jarang dijumpai. Namun, saat mendengarkan Diskoria orang-orang bisa seperti berada di era itu. Mereka beranggota Fadli Aat dan Merdi Simanjuntak. Nama yang tak asing bagi musik disko lokal kini.

Setelah memainkan lagu-lagu terbaik milik orang lain, Mereka juga telah merilis single perdana “Balada Insan Muda” pada tanggal 14 Februari 2019 dan langsung masuk tangga lagu PHI.

Di single debutnya ini, Diskoria melibatkan Laleilmanino dengan alasan mereka sama-sama into pop culture/musik pop Indonesia di tahun 80an. “Kita coba bawa referensi. Laleilman memang udah punya kompetensi sendiri,” kata Merdi kepada Pop Hari Ini di acara Geloranada (4/2). Terlepas dari itu Diskoria sendiri sebenarnya adalah ‘kutu musik disko’ yang haus akan musik-musik disko Indonesia dari yang common sampai yang rare sehingga layak untuk disimak. Berikut ini pilihan 5 lagu lagu Indonesia dari mereka.

Baca juga:  5 Lagu Indonesia Pilihan Teddy Adhitya

1.  Junaedi Salat – Kerlap Kerlip Masa Remaja

Alasan milih si lagu ini karena memang lirik dan aransemennya udah khusus menggambarkan dinamika masa muda saat itu yang bersenang-senang lewat musik disko, vibenya cocok buat diputer di discotheque.

2. Dea, Kenny Gabriel – Kau Pun Tau

Lagu Indonesia yang pop tapi berhasil diaransemen dengan gaya nu-disco, modern disco sound. Jadi kalau yang tadi sebelumnya kayak 80an ini menurut gue versi yang nu-disco- nya. Produksinya Kenny proper- lah. Kadang kan gini, lagu Indonesia kalau niru aransemen barat tuh kan norak. Menurut gue ini pas. Lagu Indonesia dengan gaya musik nu-disco luar tapi semuanya pas. Nggak norak malah enak dan bisa dipakai buat joget juga.

Baca juga:  16 Pertanyaan: Isyana Sarasvati

3. Groove Bandit – Gelora Asmara

Salah satu apa ya. Penanda zaman tahun 90an. Di mana dulu emang era house music melanda Jakarta deh. Tapi musiknya si Groove Bandit ini sendiri bukan house music plek-plekan. Dia dibalut sama classic disco juga. Bandnya nggak sebesar itu tapi kita masih terus bawain sampai sekarang.

4. Chrisye – Serasa

Ini menurut gue cukup menggambarkan musik pop tahun 80. Apa itu? Joget tapi sendu. Kalau gue rasa dari musik, dari film, 70 akhir sampai 80an virusnya begitu semua. Itu sangat ditekankan oleh bagian solo keyboard- nya Yockie Suryoprayogo.

5. Purnama Sultan – Khayal

Lagu festival yang paling bagus yang pernah gue dengar. Dia masuk Lomba Cinta Lagu Remaja. Dia vokalis. Pop tapi manis banget. Lagu sekaliber itu di festival. Berarti festival dulu gila-gila semua.