5 Lagu Indonesia Pilihan Pandji Pragiwaksono

Oct 30, 2021

Pandji Pragiwaksono berpendapat stand-up comedy Indonesia saat ini sangat menyenangkan. Dalam konteks begitu banyak pelaku dan variannya. Ia juga mengibaratkan, stand-up comedy seperti musik. Baik penampil dan penonton memiliki gaya atau selera yang berbeda.

“Misalnya, di musik ada Afgan, ada Efek Rumah Kaca, ada Laze, dan ada Tulus. Jadi, spektrumnya kan luas kalau di musik. Di stand-up comedy juga sebenarnya spektrumnya luas. Dari mulai yang political, yang light, yang ngomongin relationship, yang ngomongin social issues. Ada semuanya dan itu menyenangkan,” kata Pandji.

Ketika ditanya apa tips penting bagi stand-up comedian pemula. Pandji menjawab, “Selalu jadikan penonton sebagai hakim”. Ia berpendapat, kadang stand-up comedian suka ngeyel di awal kariernya, menganggap penonton tidak mengerti apa yang sedang dibicarakan. 

Pandji memiliki pandangan, ketika penonton tidak tertawa artinya seorang stand-up comedian tersebut belum berhasil menyampaikan pesannya. Ia teringat quote stand-up comedian asal Amerika, “Kalau kata Chris Rock, It’s not smart, if only smart people understand your jokes.”

Ya, itulah ungkapan Pandji soal musik dan stand-up comedy. Dan inilah lagu-lagu Indonesia pilihan Pandji Pragiwaksono.


1. The Rain feat. Endank Soekamti – Terlatih Patah Hati

 

Video klipnya tuh lucu banget. Secara produksi sebenarnya sederhana. Tapi secara ide tuh OK, eksekusinya OK banget. Sudah gitu video klipnya yang lucu itu membuat jadi kenal sama lagunya dan lagunya juga hook banget. Nempel banget di kepala.

 

2. Gamila Arief – Pujian

 

Gue beneran suka biar pun dia istri gue. Dengerin deh.

 

3. Dewa 19 – Aku Milikmu

 

Karena kayaknya ini lagu Dewa 19 awal-awal yang gue suka dan memang enak saja.

 

4. Iwa K – Malam Indah

 

Sejujurnya, enggak ada bosannya dengar lagu ini. Pasang lagu ini pasti enak saja.

 

5. Glenn Fredly – Kisah yang Salah

 

Karena di antara begitu banyak lagunya Glenn, Glenn tuh pernah bawain beberapa lagunya di album Live at Lokananta. Nah, aransemen Glenn untuk lagu “Kisah yang Salah” di album Live at Lokananta itu keren banget. Sejak itu makin suka sama lagu “Kisah yang Salah”.


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.

Eksplor konten lain Pophariini

Band Pop Punk Bulukumba, Filthy Muck Beri Motivasi di Single Baru

Band pop punk asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, Filthy Muck merilis single ke-2 tahun ini dalam tajuk “Dreams and Fantasies” hari Kamis (23/05). Di bulan Februari lalu, mereka merilis sebuah lagu kolaborasi bersama ENKO1995 berjudul …

Wawancara Arswandaru ALI: Tur Eropa dan Permintaan Global

“Kami berusaha untuk tidak ‘yang penting main aja di luar negeri’, tanpa mendiskreditkan venue mana pun di luar negeri,” ujar Arswandaru, basis ALI.