5 Lagu Pop Indonesia Pilihan Otong “Koil”

Aug 24, 2017

Raden Mas Julius Aryo Verdijantoro atau Otong adalah vokalis/gitaris band rock industrial rock Koil asal Bandung. Dengan formasi terkini yang melengkapi Otong, ada R.M. Donnijantoro gitar/vokal latar, Leon Ray Legoh pada drums, dan Fransiskus Xaverius Adam Joswara aka Vladlamp sebagai bass, backing vocal dan syntesizer.

Koil telah merilis 4 album Koil (1996), Megaloblast (2001), Blacklight Shines On (2007) dan Blacklight (2010). Selain musik garang, berlirik cerdas, celotehan humoris yang tidak pernah tertebak arahnya ketika di panggung, dan aksi panggung yang sering menghancurkan gitar, tindak tanduk Otong di internet juga terkenal suka asal-asalan. Baik itu dari postingan foto-foto di akun Instagram-nya, maupun di akun Twitter-nya dengan gaya bahasa khasnya yang sangat jauh dari EYD, bahkan mendekati bahasa remaja tanggung penggemar acara musik pagi di televisi. Semua itu adalah ciri khas Otong yang anehnya bisa melengkapi sosok band Koil yang garang itu.

Simak penuturan Otong kepada Pop Hari Ini tentang 5 lagu pop Indonesia pilihannya.

 

Drakhma – Sekejap

Ini lagu hardrock Indonesia paling keren. Sampai hari ini pun masih paling keren. Dan mungkin satu-satunya solo gitar heav ymetal yang aku suka dalam sebuah lagu Indonesia. Killer bass lines.

 

Symphony – Astoria

 

Ini lagu indonesia paling keren sepanjang masa. Semua yang ada pada lagu ini spektakular. Aku bisa dengerin lagu ini 2 jam diulang terus. Super killer bass lines.

 

The Upstairs – Terekam Tak Pernah Mati

Lewat masa 80-an hampir gak ada lagi lagu jenius yang pernah nyangkut di kupingku sampai kudengar lagu ini sangat sederhana dan syahdooo. New Order-ish bass lines vak yes.

 

The Fly – Berlalu

Mungkin hampir gak ada lagu Indonesia katagori ballad yang beat drumnya sekeren lagu ini. Aransemen vokal yang aje gileh, superb guitarworks. Pasti susah banget bawain lagu ini live. Bass-nya merdu banget. I am a bass junkie.

 

Bhaskara – One Lonely Flute

 

Kalau lagu ini yang maennya dewadewi musik indonesia. Jadi kita sebagai manusia ga usah sok tauk untuk membahasnya yes. This is beyond my ability and skills. Great songs. Everlasting.

____

Penulis
Pop Hari Ini

Eksplor konten lain Pophariini

Dead Bachelors ‘Reuni’ di Single Terbarunya

Yang satu ini, bisa dibilang sebagai sebuah kejutan yang menyenangkan bagi duo Narendra Pawaka dan Mario Pratama yang tergabung dalam unit Dead Bachelors.

20 Tahun Album Padi, “Sesuatu Yang Tertunda”

Di umurnya yang sudah dua dekade, Sesuatu Yang Tertunda milik Padi masih tetap menjadi sesuatu yang indah.