5 Lagu Pop Indonesia Pilihan Ras Muhamad

Dec 20, 2017

Sejak merilis album pertama, Reggae Ambassador pada tahun 2007 hingga kini Ras Muhamad tetap konsisten bermusik. Meski tumbuh besar di New York, Amerika Serikat, ia telah meniti karier di Indonesia. Ras Muhamad kerap menuliskan lirik lagu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia demi menyampaikan sebuah catatan.

Persekutuan dengan sejumlah musisi dalam maupun luar negeri tak jarang dilakukan pria berambut gimbal ini. Seperti album penuh terakhirnya ‘Salam’ yang menampilkan penyanyi asal Jamaika macam Kabaka Pyramid dan Naptali. Ras Muhamad baru-baru ini juga mengumumkan single terbaru “Satu Dunia – One World” berkolaborasi dengan musisi perempuan asal Jamaika, Kelissa. 

Menjelang aksinya bareng DJ w.W untuk mengisi panggung Djakarta Warehouse Project tanggal 16 Desember 2017 di JIExpo Kemayoran, dan beberapa penampilan di beberapa panggung lainnya, penyanyi reggae yang menyebut dirinya sebagai Duta Reggae Indonesia ini pun berbagi 5 lagu pop Indonesia pilihan untuk Pop Hari Ini.

Selamat menyimak!

Kirana – Dewa 19

 

Lagu pembuka album yang sangat klasik dan bersubstansi ini sangat saya kagumi.

Dari segi aransemen dan juga liriknya, walau terdengar mengisahkan cinta tetapi liriknya sangat puitis. Telinga pun saat dengar pattern drum dari Wong Aksan bikin kita pura-pura main drum. Pertama kali saat saya dengar lagu ini harus tanya kawan apa arti kata-katanya karena ada beberapa kata-kata yang tidak umum. 

 

Gigi – Terbang

 

Lagu ini keren banget, dari intro Bli Budjana dengan efek whammy, melodi vokal dan drumnya. Bagi saya ini salah satu lagu pop sempurna, bass-nya, drum-nya, vokal dan juga gitarnya semua catchy.

 

Iwan Fals – Sumbang

 

Lagu yang sangat berpengaruh bagi saya, Bung Iwan yang katalognya panjang dan luas. Saya pilih ini karena segi dramatis dan emosinya dan liriknya yang masih relevan untuk situasi Indonesia. Cara saya menata lirik sangat terpengaruh oleh Bung Iwan.

 

Java Jive – Gerangan Cinta

 

Satu kata untuk lagu ini, manis. Setiap kali dengar lagu ini mengingatkan saya pada Jakarta tahun ’90an di mana banyak hal-hal yang lebih manis di Ibukota.

 

Reza – Pertama

Wah, ini lagu sensual sekali. Suka banget dengan suara mbak Reza di lagu ini dan sentuh R&B mantap banget. Dulu saya punya “crush” besar saat lihat klip mbak Reza keluar. 

__

 

____

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.

Eksplor konten lain Pophariini

20 Tahun Album Padi, “Sesuatu Yang Tertunda”

Di umurnya yang sudah dua dekade, Sesuatu Yang Tertunda milik Padi masih tetap menjadi sesuatu yang indah.

Saling Menguatkan bersama Nino Kayam

Mengenai “Nikmati Rindunya”, Nino mendedikasikan single terbarunya ini untuk sang ayah yang berpulang di bulan Oktober 2020 lalu.