5 Lagu Pop Pilihan Iwan Fals

• Nov 19, 2017

Virgiawan Listanto adalah nama lengkap dari Iwan Fals. Pria kelahiran tahun 1961 ini adalah salah satu musisi legendaris Indonesia yang masih berkarya dan terus tampil hingga sekarang. Ia juga memiliki bassis penggemar fanatik yang jumlahnya luar biasa. Memulai karirnya sebagai pengamen jalanan, kemudian ia mulai merekam beberapa album dan pada album Sarjana Muda (1981) baru berhasil menarik perhatian banyak orang.

Selain sempat bergabung dengan band SWAMI yang berhasil mencetak lagu “Bento” dan “Bongkar”, Iwan juga sempat bergabung dengan grup Kantata Takwa yang semakin melejitkan namanya. Karena sempat menggelar konser yang jadi salah satu konser terbesar dan termegah dalam sepanjang sejarah pertunjukan musik Indonesia. Hingga kini  ada 45 album yang telah dirilis Iwan Fals di luar album kompilasi dan single-single. Simak penuturan Iwan Fals tentang 5 lagu pop pilihannya kepada Pop Hari Ini.


  1. Mayumi Itsuwa – “Kokoro No Tomo”

Gara-garanya kan saya lagi ada kerjasama dengan salah satu merk mobil Jepang, terus kepikiran iseng-iseng bawain lagu 80an ini. Waktu itu juga ke Jepang bawain ini juga. Di balik cerita lagunya ada kegembiraan masa lalu. Keinget masa-masa jaman saya lagi aktifnya latihan karate juga.

 

2. Sinikini – “Dan Senyumlah”

Lagu ini sangat kerasa berhubungan dengan saya. Terutama soal keikhlasan. Habis mau ngapain lagi? Ya sudah senyum saja.

 

Panbers – “Pilu”

Selalu ingat jaman waktu saya SD (sekolah dasar), maju ke depan kelas dan nyanyi lagu itu

 

Bob Dylan – “Tambourine Man”

Sebetulnya suka hampir semua lagu. Karena cara bernyanyinya dia dan cara bercerita. Sangat berpengaruh dia itu.

 

Lala Karmela – “Matahari”

Saya juga punya beberapa lagu tentang matahari. Banyak punya lagu yang pakai kata-kata matahari. Makanya lagu ini menarik buat saya. Mendengarkan lagu ini awalnya kesulitan. Tapi out of the box, dan lama-lama jadi seru.

 

__

https://www.iwanfals.co.id/

Foto: Robby Suharlim

 

____

Penulis
Anto Arief
Suka membaca tentang musik, subkultur anak muda dan gemar menonton film. Pernah bermain gitar untuk Tulus nyaris sewindu, lalu bernyanyi dan bermain gitar untuk 70sOC.

Eksplor konten lain Pophariini

Leonardo Ringo Tampilkan Live Session Dua Singlenya. Simak di PHI Eksklusif

Singer-songwriter Leonardo Ringo menampilkan paket live session dari dua singlenya. Simak keintiman luar biasa ini di PHI Eksklusif.

Bloodsports and Modern Arts: Debut Album Nearcrush

Butuh waktu tiga tahun sejak awal kemunculan Nearcrush di tahun 2018 lalu hingga akhirnya resmi melepas sebuah album debutnya.