5 Lagu Pop Punk Esensial Pilihan Pophariini

Jul 27, 2021

Aliran pop-punk selalu menjadi sebuah anomali. Dalam sebuah aliran punk tidak pernah mencoba untuk menjadi sebuah yang populer walaupun punk selalu mencoba untuk melawan sebuah arus utama, entah itu dalam kehidupan dan juga musik. Pop-punk juga bisa diartikan sebagai sebuah musik yang radio friendly, artinya musik ini mampu diputar di radio, ada kalanya radio menjadi sebuah standar bahwa saat musik sudah berhasil diputar di radio, makan musik tersebut mampu untuk terjun ke arus utama.

Pop-punk di Indonesia sendiri tidak luput dari pengaruh musisi luar, sebut saja Green Day lewat album Dookie yang mampu diterima pendengar musik mainstream. Selain Green Day, ada Blink-182 yang bisa dibilang salah satu icon yang bahkan dalam salah satu penggalan lirik lagu “Punk Hari Ini” oleh Superman Is Dead, mengatakan “Dan semua band mengkopi Blink”.

Dengan makin terkenalnya aliran ini di luar membuatnya semakin diterima di Indonesia sendiri, sebut saja Pee Wee Gaskins yang menjadi salah satu icon dengan slogannya, Inherit Pop-Punk. Walaupun pop-punk mencapai peak-nya di periode 2010-an, tetapi bukan berarti tidak ada band pop-punk yang eksis sebelumnya. Rocket Rockers dan menjadi Closehead menjadi salah satu band yang sudah lama berada di industri musik Indonesia.

Dengan makin banyaknya band dan bagaimana aliran ini mulai merambah ke pendengar yang lebih luas, tidak ada salahnya jika saya memberikan beberapa lagu pop-punk esensial pilihan. Tidak ada sebuah alasan yang pasti kenapa memilih lagu-lagu yang masuk ke daftar di bawah ini. Jika ada yang merasa bahwa ada lagu yang seharusnya bisa masuk ke daftar ini, kolom komentar terbuka selebar-lebarnya.


1. Closehead – Berdiri Teman

 

Saat sedang menulis daftar lagu ini, saya mengajak salah satu Graphic Designer dari Pophariini untuk memberikan pilihannya di daftar ini dan terpilihlah lagu ini. “Berdiri Teman” bisa menjadi salah satu titik yang membuat Closehead dikenal seperti sekarang. Lagu yang tergabung dalam split album bersama Disconnected yang berjudul DiscoPunkHead. Saat saya tanya kenapa memilih lagu ini, jawabannya adalah karena merasa lagu ini sangat memorial dan mejadi salah satu band pop-punk yang pertama kali dia dengarkan. Jika menggunakan kata memorial dirasa hal ini sangat cukup wajar karena memang lagu ini terasa sangat berkesan pada waktunya.

 

2. Rocket Rockers – Ingin Hilang Ingatan

 

Siapa yang tidak pernah gitaran sambil kumpul bersama teman dengan membawakan lagu ini? “Ingin Hilang Ingatan” menjadi salah satu lagu patah hati bagi banyak orang. Lantunan gitar akustik dengan lirik yang mudah diingat ini menjadi salah satu pilihan kami untuk masuk ke daftar ini. Band asal Bandung ini tidak perlu diragukan lagi kiprahnya di industri musik Indonesia. Dibentuk pada tahun 1999, sudah mengeluarkan lima album penuh dan juga satu album tribute di tahun 2017.

 

3. Billfold – Time

 

Masih dari Bandung, di nomor ketiga ini ada trio Gania Alianda (vocal), Ferrin (bass), dan Pam (drum) walaupun band ini sudah resmi bubar pada tahun 2018, “Time” sendiri merupakan lagu dari album mereka, Brave yang dirilis pada tahun 2014. Walaupun lagu ini hanya berdurasi 2 menit 17 detik, tetapi pada saat mendengarkan seakan tidak diberikan waktu istirahat. Alunan drum dan juga distorsi ditambah dengan suara Gania Alianda.

 

4. Pee Wee Gaskins – You and I Going South

 

Rasanya sulit untuk memilih satu lagu dari band yang digawangi oleh Sansan (vocal/guitar), Dochi (bass), Ayi (guitar), Omo (keyboard) dan Aldy (drum) ini. Pemilihan “You and I Going South” dirasa karena lagu ini menjadi representasi perjalanan Pee Wee Gaskins saat berada di Jepang. Dalam blog pribadinya, Dochi pernah menulis bahwa lagu ini yang membuat Summer Sonic mempertimbangkan PWG untuk main di acara tersebut. Hal ini bisa dilihat dengan dipilihnya lagu ini menjadi teaser dari Be Seen and Be Scene yang merupakan DVD rekam jejak perjalanan mereka di Summer Sonic pada tahun 2012 lalu. Walaupun pada awalnya lagu ini masuk ke dalam EP yang hanya didistribusikan di luar negeri dengan judul yang sama pada tahun 2012, lagu ini kembali dimasukkan ke album penuh ketiga mereka, A Youth Not Wasted (2016) di bawah naungan Universal Music.

 

5. Summerlane – Sweet Escape

 

“Sweet Escape” merupakan single terbaru yang dirilis oleh Summerlane di tahun 2021. Setelah beberapa kali berganti personel, single ini seakan menjadi sebuah pernyataan konsistensi dari band pop-punk asal Jakarta ini.


 

Penulis
Syauqi Ibrahim
Sedang mencari cara menuju sarjana, berharap kelak dapat meninggalkan sesuatu dalam hidup.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Album Ningrat, Jamrud: Kontrasepsi dan Duka Surti

21 Tahun album Ningrat milik Jamrud , gitaris dan penulis lagu Azis M.Siagian sempat bikin geger tahun 2000 lewat “Surti-Tejo”.

Sinergi Sri Hanuraga dan UPH CoM

Adalah musisi jazz Sri Hanuraga bersama dengan UPH Conservatory Of Music yang mengambil sinar panggung kolaborasi kali ini.