1686

5 Manajer Band yang Harus Kalian Kenal

Seringai, makin soid! / dok. Seringai.

Di balik kesuksesan musisi, baik band atau penyanyi, jangan lupa kalau di belakangnya pasti ada manajer band yang tak lelah siang malam untuk mengatur mereka.

Bukan sekadar mengurus kebutuhan musisi, mereka yang berprofesi sebagai manajer band (sengaja atau tak disengaja) juga dianugerahi talenta dan otak yang luar biasa cerdik plus licin untuk membuat ini dan itu, menjalankan visi dan misi ke depan yang tidak seorang pun tahu demi kesuksesan band atau penyanyi yang diasuhnya.

Berikut ini adalah 5 Manajer band yang harus kamu kenal.

Kiki Aulia Ucup

Ucup dan Haji Rhoma Irama / @kikiauliaucup (instagram).

Menjadi manajer band sekaliber Barasuara adalah sebuah tantangan, tak sembarang orang bisa menanganinya. Beruntung Ucup punya modal yang solid: Latar belakang sebagai orang di belakang label distribusi yang tahu A-Z soal produksi dan promosi, plus kemampuan public speaking yang ia tempa bertahun-tahun di banyak panggung menjadikannya manajer yang pas buat Barasuara.

Baca juga:  Lagu Anak Kini Kian Menggeliat

Ben Mukti

Ben Mukti / @benmukti iInstagram).

Nama Indische Party mungkin tidak sebesar Gigi atau Slank, namun pergerakan mereka boleh dibilang menganggumkan. Ada letupan-letupan kecil yang bikin kaget dunia musik, seperti ketika mereka pergi rekaman ke Abbey Road. Well, tidak semua band bisa mendapatkan kesempatan itu. Dan ya, di balik prestasi itu ada otak cerdas Ben Mukti, seseorang yang mengawali dunia musik justru dari dunia radio yang digelutinya.

Rizma Arisky

Rizma Arizky dan KPR / dok. KPR

Tidak mudah mempertemukan tiga rocker dengan talenta dan semangat yang luar biasa. Butuh bantuan Tuhan rock dan, tentunya manajer band rock yang mumpuni. Dan Rizma Arizky adalah nama yang tepat untuk tiga orang yang tergabung dalam Kelompok Penerbang Roket (KPR). Di tangan Rizma, KPR berkembang menjadi band rock papan atas yang disegani.

Baca juga:  Selamat Hari Musik Nasional!

Bunda Iffet

Bunda Iffet dan Slank / Slank.com

Mungkin hanya satu-satunya manajer band rock perempuan seperti Bunda Iffet. Ibu dari anak-anak Slank juga semua Slanker ini sudah makan asam garam soal mengasuh rocker sebandel Slank menjadi sebesar dan sesolid sekarang. Dengan keringat dan waktu, Bunda Iffet telah melakukan banyak hal demi membuat anak-anaknya bisa bertahan dan memainkan apa yang mereka cintai sejak kecil.

Wenzrawk

Wenzrawk / @wenzrawk (instagram).

Band rock ketemu jurnalis musik rock, masih kurang apa? Tidak ada. Bergabungnya lelaki bernama lengkap Wendi Putranto yang adalah mantan jurnalis rock senior majalah Rolling Stone Indonesia juga mantan manajer band The Upstairs ke tubuh band rock secadas Seringai ibarat gembok dan kuncinya, sudah klop. Hasilnya, lihatlah Seringai yang kini menjadi band rock dengan frekuensi manggung paling tinggi.