5 Single Religi Indonesia dengan Streaming Spotify Tertinggi

Mar 26, 2023

Memasuki bulan Ramadhan, sudah jadi pemandangan klasik bahwa single-single religi atau single Ramadhan mulai satu per satu masuk di playlist streaming. Single tersebut datang dari beragam musisi, baik dari musisi yang dikenal dengan lagu-lagu religi sampai musisi pop yang kerap tak ketinggalan membuat single religi.

Bulan Ramadhan adalah musim yang memang ditunggu-tunggu bagi sebagian label yang memang mengambil kue dari dirilisnya single-single religi tiap tahunnya. Inilah bulan ketika lagu-lagu teduh mulai terdengar di mall, supermarket sampai menjadi lagu latar di konten-konten media sosial. Bukan tidak mungkin jika mereka bisa ‘nyayur’ dari belanja streaming.

Lalu bagaimana menentukan single apa aja yang punya streaming tertinggi? Hmm, tidak ada riset yang mendalam soal ini, bahkan dari pihak-pihak terkait yang sudah kami tanyakan untuk kepentingan tulisan ini. Namun kami tertarik untuk mendalaminya lebih jauh.

Beberapa riset amatir yang kami lakukan adalah pertama, kami mencoba melihat playlist resmi single religi dari Spotify dan kedua, kami mencari musisi-musisi dari kategori yang sudah saya sebutkan di atas untuk melihat angka dari popular streamingnya.

Kami menemukan sebagian besar lagu yang masuk daftar ini adalah katalog lama yang sudah dirilis sejak 2019 bahkan 2018 silam. Rentang waktu ini kemudian menjadi parameter dari riset kecil-kecilan ini. Angka streaming ini juga tidak statis melainkan dinamis dan terus berubah, kami hanya mencatat perolehan angka terhitung sejak tulisan ini dinaikkan.

Berikut adalah hasil riset kami tentang single dengan streaming tertinggi di Spotify.

1. Sabyan – Allamuhmma Labbaik
jumlah streaming di Spotify: 9,799,410

Peringkat pertama ada pada Sabyan, grup pop islami yang namanya populer terutama berkat predikat AMI sebagai Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Islami pada 2019 silam. Sejauh riset kami, “Allahumma Labbaik” yang sudah dirilis sejak November 2018 silam ini adalah lagu religi dengan jumlah streaming terbanyak.

2. Nazwa Maulidia – Allah Allah Aghisna
jumlah streaming di Spotify: 8,747,611

Salah satu media menyebut penyanyi muda ini sebagai ‘Mutiara Religi’ asal Sukabumi, tempat dimana ia lahir. Di usia yang masih belia, ia sudah mencapai sukses ketika lagu “Allah Allah Aghisna” yang dirilis sejak 2019 silam ini meraih banyak apresiasi di Youtube dengan hampir 150 juta kali ditonton. Di Spotify, performance streamingnya juga mencapai angka yang baik dengan meraih 8 juta lebih streaming.

3. Opick – Rapuh
jumlah streaming di Spotify:7,530,301

Meskipun Opick punya single hit “Ramadhan Tiba” yang punya angka streaming lebih dari 5 juta, namun jika menilik most popular streaming dari penyanyi religi senior ini, angka terbanyak masih disematkan kepada “Rapuh”, single yang rilis sejak 2018 silam dengan mencapai angka lebih dari 7,5 juta.

4. Alfina Nindiyani – Innal Habibal Musthofa
jumlah streaming di Spotify: 5,098,696

Selain Nissa Sabyan, tidak sedikit dari penyanyi di arena sholawat ini yang aktif merilis lagu-lagu bernuansa islami, salah satu yang tak kalah bersinar adalah gadis asal Blitar, Alfina Nindiyani. Single yang dirilisnya sejak 2018 silam ini sudah diputar lebih dari 5 juta kali di Spotify. Di Youtube, videoklip ini sudah ditonton lebih dari 3 juta kali.

5. Ai Khodijah – Huwannur
jumlah streaming di Spotify: 4,832,661

Ai Khodijah dikenal sebagai vokalis grup musik gambus El Mighwar. Gadis kelahiran  Bandung ini mulai dikenal fans musik religi setelah beberapa kali muncul di stasiun TV. Singlenya “Yasir Lana” yang dirilis 2 tahun yang lalu sudah ditonton lebih dari 70 juta kali. Sementara Spotify, singlenya “Huwannur” menjadi single yang paling banyak mendapatkan atensi.

___

Penulis
Asmarandana
Penulis perempuan dari Yogyakarta yang gemar menulis, mendengarkan Van Morrison sambil minum kopi dan mengendus bau tembakau cengkeh.
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Rasyid
Rasyid
1 year ago

Bagi saya lagu religi tidak hanya menyebut asma nya. Tapi ini pilihan top menurut saya
# collapse – violet membran
# perunggu – 33x
# polka wars – mandiri

Eksplor konten lain Pophariini

Bersiap Album Baru, Figura Renata Hadirkan Single Tuan Kelana

Sejak Februari 2024 Figura Renata mengeluarkan satu per satu single dengan tema dan pesan yang beragam, dimulai dari “Menyerah Pada Dunia”, “Dan, Jika …”, “Ayah Ibu”, “Sangkar”, hingga “Ada Yang Harus Dimenangkan”. Perilisan kelima …

Arash Buana Rilis Single Friends Menuju Album Baru

Setelah mengeluarkan single “i really do love her <3” bulan Februari 2024, Arash Buana melanjutkan perjalanannya menuju album baru dengan merilis single bertajuk “friends” hari Jumat (19/04).  Melukiskan fase umum yang terjadi dalam kehidupan …