5 Video Musik Indonesia Pilihan Pandji Pragiwaksono

• Jul 10, 2021

Jauh sebelum memimpin sebuah perusahaan di bidang stand-up comedy bernama Comika, Pandji Pragiwaksono memulai kariernya saat ia menjadi penyiar Hard Rock FM Bandung. 

Perjalanan ia menjadi penyiar berawal dari cita-cita pertamanya di bangku kelas 6 SD, yaitu menjadi presenter NBA. Sejak zaman sekolah, Pandji menyadari bahwa untuk menjadi seorang presenter harus memiliki pengalaman siaran radio.

Hard Rock FM adalah tempat ia melatih kemampuan public speaking. Sampai akhirnya, ia mendapatkan peluang menjadi presenter di televisi, sesuai dengan rencana di awal perjalanan karier.

Selain bercita-cita menjadi presenter, Pandji juga berkeinginan menjadi seorang rapper. Tahun 2010, ia sempat membuat acara rap rutin bulanan bernama Twitter Private Concert (Twivate Concert).

 

Di acaranya sendiri, ia colongan melakukan stand-up satu beat demi mewujudkan cita-cita ketiga menjadi stand-up comedian. Pandji rajin merekam semua pertunjukannya, dan ia unggah ke YouTube.

“Saya sadar belum ada orang Indonesia stand-up dalam bahasa Indonesia di YouTube. Makanya, saya tulis Stand Up Comedy Indonesia 1, 2, 3, 4. Itu adalah video stand-up oleh orang Indonesia berbahasa Indonesia pertama. Karena sebenarnya ada orang Indonesia berbahasa Inggris di stand-up waktu itu, namanya Reggy Hasibuan,” kata Pandji kepada Pophariini.

Seiring berjalannya waktu, sampai kini Pandji masih konsisten berada di jalur stand-up comedy. Ia sedang menunggu tahun depan untuk melanjutkan Komoidoumenoi Stand-Up Comedy World Tour.

Pandji pernah mengeluarkan video musik lagunya yang ia sutradarai sendiri yang bisa disimak via kanal YouTube Pandji Pragiwaksono. Tapi, penasaran juga apa video musik Indonesia pilihannya. Simak di bawah ini:




1. Element – “Kupersembahkan Nirwana”

 

Gue suka sekali “Kupersembahkan Nirwana”. Jadi, gue nggak tau gimana secara konsepkan mereka tuh jadi kayak artis, jadi kayak selebriti gitu. Tapi yang menyenangkan tuh sebenarnya ngeliat dinamika merekanya. Kan mereka kayak ada snippet, di mana mereka duduk bareng, terus kayak ngobrol terus bercanda. Inikan penampilan pertama mereka, video klip pertama tuh mengagumkan sekali. Gue suka ngeliatnya. Dinamikanya keren.



2. Kerispatih – “Bila Rasaku Ini Rasamu”

 

Terus videoklip yang juga nggak bisa keluar dari kepala gue itu Kerispatih yang judulnya “Bila Rasaku Ini Rasamu”. Video klip ini syutingnya di Museum Bank Mandiri tentang pencurian bank. Kayaknya nggak bisa keluar di kepala gue karena lucu saja gitu. Wah gila kayak film gitu.



3. The Rain feat. Endank Soekamti – “Terlatih Patah Hati”

 

Video yang dibikin sama Erix Soekamti. Menurut gue ini video klip bagus banget secara eksekusi mungkin nggak terlalu ribet, cenderung sederhana. Tapi secara kreatif bagus gitu.



4. Iwa K – “Nombok Dong”

 

Karena gue ngeliat “Nombok Dong” tuh, “anj*** ini video klip keren banget”. Ada pemain basket nasional favorit gue, Thomas Teddy Kurniadi, tim Panasia Hadtex. Keren saja gitu ada videoklip isinya basket. Hempaskan bola ke dalam keranjang, dong nombok dong nombok dong.



5. Chrisye – “Cintaku”

 

Video klip ini mengingatkan sama video klip Michael Jackson yang ada banyak banget artis. Wah, ada Titiek Puspa, Dwiki Dharmawan, Joshua Suherman, Edwin & Jody, Taufik Savalas, Shanty. Dulu gue senang banget ngeliatnya, karena “wah artis banyak sekali dalam satu klip.”


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Leonardo Ringo Tampilkan Live Session Dua Singlenya. Simak di PHI Eksklusif

Singer-songwriter Leonardo Ringo menampilkan paket live session dari dua singlenya. Simak keintiman luar biasa ini di PHI Eksklusif.

Bloodsports and Modern Arts: Debut Album Nearcrush

Butuh waktu tiga tahun sejak awal kemunculan Nearcrush di tahun 2018 lalu hingga akhirnya resmi melepas sebuah album debutnya.