141

5 Vokalis Pria Indonesia Serba Bisa

5 Vokalis Serba Bisa / dok. istimewa.

Seorang vokalis band dapat dikatakan sebagai wajah atau cerminan dari band tersebut. Biasanya, seorang vokalis band merupakan sosok yang memiliki keunikan sendiri.

Selain menjadi vokalis band, pria-pria ini ternyata juga memiliki keahlian lain di bidang mereka masing-masing. Ini jadi bukti bahwa hari ini, seorang vokalis atau musisi tak hanya berurusan dengan rekaman dan panggung, namun juga bisa menciptakan ruang dan entitas yang lain.

Daftar ini bersifat subyektif tentunya, kami paham bahwa kalian, para pembaca yang budiman punya daftar sendiri-sendiri yang tentunya lebih menarik. Mari kita cocokkan bersama.

1. Cholil Mahmud

Cholil Mahmud / foto: pohan

Cholil Mahmud terkenal sebagai vokalis band Efek Rumah Kaca. Selain menjadi vokalis, Cholil pun juga menulis kebanyakan lagu dari band yang sudah terbentuk semenjak 2001 tersebut. Di balik personanya sebagai penyanyi dan penulis, Cholil juga aktif dalam menyuarakan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat. Ia seringkali mengikuti Aksi Kamisan, sebuah aksi yang diadakan setiap Kamis sore menuntut negara untuk menuntaskan kasus HAM berat di Indonesia. Selain itu, ia juga ikut menolak beberapa rancangan undang-undang seperti RUU Permusikan, Revisi UU KPK, serta Rancangan KUHP.

Baca juga:  16 Pertanyaan : Rayssa Dynta

2. Jimi Multhazam

Jimi Multhazam, eksetrik dengan kacamata hitam

Jimi Multhazam dikenal lewat band The Upstairs. Selain itu, ia juga memiliki band lain yang bernama Morfem. Lulus dari Institut Kesenian Jakarta, Jimi tidak hanya bergelut di bidang musik. Bersama dengan aktor Indonesia bernama Ricky Malau, musisi yang juga dikenal sebagai seniman ini memiliki sebuah acara di YouTube bernama NGOBRYLS yang setiap episodenya membicarakan topik yang berbeda-beda.

3. Baskara Putra 

Baskara Putra / foto: Mikael Aldo

Baskara Putra merupakan seorang vokalis band .Feast yang juga dikenal melalui solo project-nya dengan nama Hindia. Lulusan Ilmu Komunikasi FISIP UI ini juga ternyata terjun di dunia kreatif. Salah satunya dengan menjadi art director dari cover album Pikiran dan Perjalanan milik Barasuara.

Baca juga:  16 Pertanyaaan: Christabel Annora

4. J. Alfredo

Alfredo Pijar / dok. lysurfer

Alfredo merupakan frontman dari band alternatif Pijar. Dibalik musiknya yang unik dan gayanya yang nyentrik, ternyata Alfredo juga memiliki kemampuan desain yang tidak main-main. Ia menunjukkan kehebatannya dalam dunia desain melalui akun instagramnya @lysurfer.

5. Anindyo Baskoro

Nino Kayam / dok. @akbarmoose (instagram)

Anindyo Baskoro atau yang terkenal dengan nama Nino Kayam telah menjadi vokalis dari trio RAN yang terbentuk sejak tahun 2006. Selain menjadi vokalis, ternyata Nino juga merupakan penyiar radio. Ia merupakan penyiar Delta FM dalam program “Asri Nino In The Morning” bersama Asri Welas. Selain menjadi penyiar, Nino juga memiliki pengalaman acting lewat film series Stereo Season 2 dimana ia berperan sebagai Vino. Selain itu, Nino juga pernah beberapa kali menjadi juri dari acara pencari bakat seperti The Next Boy/Girl Band dan The Voice Indonesia.

______