2205

5 Vokalis Band Di Bawah Radar Kita Semua

Dibandingkan penyanyi solo, sosok vokalis dalam band seringkali penuh pemakluman. Terlebih karena vokalis dalam band harus dinikmati sebagai satu kesatuan dengan band-nya. Berbeda dengan sosok penyanyi yang memang harus diwajibkan stand-out, bisa bernyanyi sendiri, tidak tergantung band-nya dan bisa membawakan lagu hampir genre hampir apapun.

Meskipun begitu vokalis tetap unsur penting di dalam band. Ada beberapa contoh vokalis band yang sangat berkarakter seperti Kaka “Slank”, David “Naif”, Rekti “The SIGIT”, hingga Cholil “Efek Rumah Kaca”. Selain nama yang tersebutkan barusan ada juga beberapa vokalis band lokal yang sangat menarik. Selain memiliki vokal kuat yang menjadi karakternya, mereka juga rajin membuat proyek musik. Ini adalah beberapa di antaranya. Bila ada yang terlewat silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah.

Baca juga:  30 Tahun Album Semut Hitam: 5 Lagu Pilihan Dari Album Terlaris God Bless

 

Heru Wahyono (Shaggydog/Dubyouth/Barokka)

Heru Wa. Foto: Instagram.com/heruwa

Vokalis yang satu ini tidak kenal batas. Bagaikan mahluk amfibi ia bisa bermusik live-band dengan grup band-nya Shaggydog, tapi juga bisa menciptakan musik elektronik dan manggung dengan ditemani oleh dj Metzdub saat manggung dengan Dubyouth. Ia bahkan juga punya proyek musik dangdut Pantura yang bernama Barokka. Dan di kesemua proyek musiknya itu ia lakukan semua; dari bernyanyi merdu sambil sesekali melakukan toasing ala Jamaika di Shaggydog dan ngerap bila saat tampil dengan Dubyouth. Jam terbangnya yang tinggi di Shaggydog juga menghasilkan kepiawain Heru bernyanyi lirik bahasa Indonesia dengan lagam musik RnB tradisonal dan musik Jamaika dengan suara bariton-nya khasnya yang tebal dan sedikit serak.