6 Band atau Musisi Ini Wajib Ada di Layanan Musik Streaming

• May 26, 2021
Musik Streaming

Pendengar musik yang masih rajin mengumpulkan rilisan fisik tak lantas hanya mendengarkan album atau lagu favorit dari sebuah perangkat. Mereka pastinya juga berselancar di layanan musik streaming untuk mendengarkannya di mana saja karena lebih praktis.

Band atau musisi yang sekarang, ada juga yang tidak mengeluarkan dalam bentuk fisik, dan hal ini bukan masalah. Tapi bagaimana kalau terjadi sebaliknya, single maupun album dari band atau musisi yang ingin kita dengarkan tidak tersedia di layanan musik streaming?

Perubahan kebiasaan mendengarkan musik dari rilisan fisik ke layanan musik streaming atau sebaliknya tak mengurangi kecintaan kita terhadap musik. Namun ternyata ada juga musisi yang sampai detik ini memilih untuk tidak menghadirkan karyanya di layanan musik streaming, baik di semua album atau di album tertentu saja. Tulisan ini mungkin sekadar curhatan dari penulis atau bisa saja mewakili suara fans dari masing-masing musisi dalam daftar di bawah ini:

 

Jason Ranti (semua album)

musik streaming

Jason Ranti. Foto: dok. istimewa

 

Sampai 2019 lalu, Baskara Putra alias Hindia yang mengaku penggemar musik Jason Ranti membuat petisi ‘Spotify-kan Jejeboy’. Sayang, usahanya ini tidak berhasil.

 

The Trees And The Wild (Rasuk)

musik streaming

The Trees and The Wild, Joyland Festival / foto: pohan

The Trees And The Wild menghibur penggemarnya saat mereka tampil di Synchronize Festival 2019 dengan membawakan materi album Rasuk. Dengan ini pula, penggemar pastinya mengingkan lagu-lagu mereka gentayangan di rumah.

 

Tigapagi (Roekmana’s Repertoire)

musik streaming

 

Album terbaik yang pernah ada di muka bumi ini berisi total empat belas lagu tanpa jeda. Rasanya memang tidak nikmat kalau mendengarkannya dicicil satu per satu. Lantaran berkonsep ‘tak ada pertanda sudah masuk di track berikutnya’.

 

White Shoes And The Couples Company (semua album)

musik streaming

Foto: dok. istimewa

Sampai album yang terakhir ‘2020’, mereka hanya merilisnya dalam format cakram padat yang terbagi menjadi dua edisi. Adapun yang bisa didengarkan melalui layanan musik streaming cuma album live mereka saja.

 

NAIF (Televisi)

Musik streaming

Foto: dok. Naif

Album yang dirilis NAIF tahun 2007. Di mana versi yang pernah beredar di layanan musik streaming hanya berisi dua belas lagu. Padahal ada satu nomor yang hilang dari daftar berjudul “Haru Biru”.

 

The Kuda (semua album)

Musik streaming

Bukan sama sekali tidak ada. The Kuda hanya mengunggah satu album split Gangrena Surf. Padahal The Kuda memiliki katalog lengkap yang bisa didengarkan melalui Bandcamp (https://thekuda.bandcamp.com/).

_______

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Resensi: Sunwich – Storage

jika anda penyuka katalog gelombang baru band indiepop vokalis perempuan, anda harus memberikan Sunwich kesempatan untuk dipasang kencang-kencang.

Mau Tau Banget?: Mentor Interview – Laleilmanino

Selamat datang di edisi perdana Mentor Interview! Sekilas mengenai Mentor Interview, kami berkeliling menemui nama-nama yang sudah tidak asing lagi di industri musik Indonesia saat ini. Nama-nama yang kami temui, mempunyai keahliannya masing-masing di …