6 Band yang Mengawali Karier di Kafe

Nov 27, 2021

Perjalanan karier bermusik band atau musisi selalu menarik untuk disimak, apalagi kalau benar-benar secara nyata telah mengikuti langkah mereka sejak awal. Kami mencoba untuk mengumpulkan informasi tentang band-band yang mengawali karier dari suatu tempat, walau mungkin tidak percis di mana dan kapan.

Band kafe biasanya terdiri dari vokalis, drummer, bassist, gitaris, dan kibordis. Beberapa memiliki vokalis tambahan atau merekrut pemain perkusi. Secara logika, band kafe harus bisa menguasai banyak lagu. Saat mendatangi kafe atau bar, biasanya mereka mengizinkan pengunjung meminta lagu kesukaan untuk dimainkan.

Sebuah kafe yang menyediakan live music juga berusaha menarik pengunjung dengan menghadirkan tema musik yang berbeda setiap minggunya. Seperti R&B Soul Night, 80s & 90s Night, dan lain sebagainya. Sampai hari ini, live music masih diminati. Dan inilah daftar band-band yang mengawali karier mereka di kafe.


1. Kanda Brothers.

 

Empat bersaudara Ricky, Gerry, Aldy, dan Danna mengawali karier bermusik dengan nama R.G.A.D DI tahun ’97. Dua tahun setelah terbentuk, mereka langsung mendapat kontrak eksklusif mengisi panggung reguler di Pasar Festival yang kini berganti nama menjadi Plaza Festival. Seiring berjalannya waktu, nama band berubah menjadi Kanda Band hingga dikenal sebagai Kanda Brothers dan sudah merilis banyak karya musik.

 

2. T-Five.

 

T-Five merayakan usia dua dekade di Hard Rock Cafe, Jakarta tahun 2019 lalu. Kafe menjadi tempat awal karier perjalanan bermusik mereka. Setahun terbentuk (2000), T-Five langsung mendapat kesempatan rekaman musik. Mereka masuk daftar kaset album kompilasi Indie Fame: Untuk Kalangan Terbatas yang dikeluarkan Fame Station, sebuah kafe di Bandung yang juga menjadi salah satu tempat bersejarah bagi band-band lokal.

 

3. Endah N Rhesa.

 

Saya sendiri ingat pernah menyaksikan duo Endah N Rhesa untuk pertama kalinya sekitar tahun 2008 di Loca! Coffee Plus, Jakarta Selatan, kafe yang sudah lama gulung tikar. Saat itu Endah N Rhesa membawakan lagu-lagu milik orang lain, dan setahun kemudian album perdana Nowhere to Go dirilis. Tentu Loca! Bukan kafe satu-satunya yang disinggahi mereka berdua.

 

4. The Soulful.

 

The Soulful yang dulunya dikenal sebagai Soulmate didirikan oleh Ade Fabrianto tahun 2009. Kini hadir dengan formasi baru, mereka tetap aktif manggung dari kafe ke kafe di Jakarta. Bahkan, tak jarang kita bisa temui mereka tampil di acara pernikahan. Jika ingin mendengar lagu-lagu BoyzIIMen dibawakan ulang dengan baik, bisa langsung menyaksikan mereka.

 

5. Laidthis Nite.

 

Nama satu ini juga pastinya tak asing lagi karena mereka secara reguler menghibur pengunjung beberapa cafe di selatan Jakarta. Terbentuk sejak tahun 2012, Laidthis Nite sudah menghasilkan total empat single, “Gelas Ke 3”, “Kembali Remaja”, “LoveLight”, dan yang terbaru “It’s Gonna Be Alright” dirilis sekitar pertengahan November 2021.

 

6. Lalahuta.

 

Lalahuta bermain dari kafe ke kafe sejak 2013. Tiga tahun kemudian mereka memperkenalkan karya musiknya sendiri lewat single berjudul “Tersenyum Kembali”. Kesuksesan besar diraih saat Lalahuta merilis single ketiga “Tunggu Apa Lagi” yang diproduseri Laleilmanino. Single yang sudah diputar oleh pendengar mereka sebanyak 18,1 juta kali melalui Spotify.


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Rekomendasi: Dinamika – Bangkutaman

Menariknya di album Dinamika ini dengan masih mengusung musik retro folk rock, Acum dkk. terlihat tidak kehabisan bahan bakar dan justru terdengar fresh.

Jambi: Di Bawah Radar Musik Arus Utama, dan Independen

Sepertinya bukan rahasia umum bahwa Jambi tidak pernah masuk di radar skena musik, terlebih musik independen.