6 Musisi Indonesia yang (Pernah) Rajin Nge-Blog

Oct 27, 2021
Musisi Blog

Selamat Hari Blogger Nasional! Sebelum bicara blog para musisi, Hari Blogger Nasional ini pertama kali dicanangkan 27 Oktober 2007 oleh Muhammad Nuh saat beliau masih menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di pembukaan Pesta Blogger.

Blogger adalah situs web yang dikembangkan Pyra Labs, yang kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2003. Ketika orang-orang menulis blog di situs web atau platform microblog mana pun bisa disebut sebagai blogger karena sejarah tersebut.

Jurnal online ini tak hanya dimiliki seorang yang memang berprofesi sebagai penulis, namun juga menjadi wadah bagi para musisi untuk bercerita. Mereka biasanya mengunggah tulisan, foto, dan hal lainnya. 

Mereka yang dulunya aktif nge-blog mungkin sekarang ini sudah beralih ke media sosial. Dalam rangka memperingati Hari Blogger Nasional, kami kembali mencatat siapa saja musisi-musisi yang masih aktif dan pernah aktif nge-blog:

Ari Hamzah (eks-drummer Endang Soekamti)

https://arihamzah.medium.com/

Mantan personel Endank Soekamti, Ari Hamzah juga penulis blog yang masih aktif tahun ini. Tulisannya berjudul Mencari Royalti Yang Buram mendapat ratusan tepuk tangan di halaman.

 

Jimi Multhazam

https://jimijimz.wordpress.com/

Terakhir Jimi mengunggah tulisan 9 April 2018. Ia menuliskan data diri tentang kiprahnya di dunia seni rupa dan musik secara lengkap di halaman tersebut. Di blog-nya Jimi juga bercerita tentang hobinya bersepeda.

 

Kill the DJ ‘Jogja Hip Hop Foundation’

https://killtheblog.com/

Juki panggilan akrabnya, sempat terbilang aktif menulis. Website pribadinya berisi tulisan tentang karya musik terbaru, liputan acara, maupun bentuk dukungannya terhadap Jokowi beberapa tahun yang lalu.

 

Farid Stevy ‘FSTVLST’

http://faridstevy.blogspot.com/?m=1

Farid Stevy selain dikenal sebagai seniman visual, ia juga musisi yang pandai bercerita. Sayang, Farid sudah tidak aktif lagi nge-blog. Ia terakhir mengunggah tulisan sudah cukup lama sekali. 

 

Tulus

https://palawija.tumblr.com/

“Pejamkan matamu. Tenang, kamu masih bernafas” adalah unggahan terakhir Tulus di blog pribadinya enam tahun yang lalu. Sebelumnya, ia juga mengunggah sebuah tulisan apik tentang sang Ibunda berjudul Pondasi Cantik.

 

Rara Sekar

https://rarasekar.tumblr.com/

Foto dan tulisan bisa menjadi sesuatu yang menarik untuk disimak. Rara Sekar di blog-nya mempresentasikan foto yang dilengkapi dengan keterangan tempat. Ia terakhir mengunggah foto danau dua tahun yang lalu.

 


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
adianpp
adianpp
1 month ago

Akhir2 ini sering ngeblog dan selalu update, ndak tau kenapa. Awalnya sih cuman buat arsip apa yg pernah saya buat atau saya terlibat di dalamnya, terus malah ketagihan. Mungkin terkesan oldschool, lagian juga sudah ada sosmed seperti instagram, facebook. Tapi ngerasa keren aja sih. Xixixixi.

Coba simak disini https://leluasaproject.blogspot.com/

Eksplor konten lain Pophariini

Rizky Febian dan Kejutan-Kejutan Tentang Cinta

Belum puas dengan empat nomor tunggal yang dihadirkan di sepanjang tahun, kini Rizky Febian kembali menghadirkan sebuah nomor tunggal terbarunya.

Vira Talisa Bawakan Kembali Karya Candra Darusman

Mengenai album Detik Waktu #2 – Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman, kabarnya sudah memasuki proses final dan akan segera rilis di tahun 2022 mendatang.