7 Musisi Berdarah Indonesia yang Tampil di Konten Internasional

Jun 17, 2023

Tentu ada kebanggaan tersendiri begitu mengetahui musisi Indonesia atau yang memiliki darah Indonesia bisa sukses berkarier sampai luar negeri, bukan hanya dikenal oleh warga negara sendiri.

Kami menemukan beberapa nama yang kerap tampil di panggung festival besar hingga memenangkan ajang pencarian bakat. Namun, catatan yang tak kalah menarik mereka juga mengisi konten atau program musik terkemuka di sana.

Sebut saja program-program yang menerima kehadiran mereka seperti NPR Tiny Desk, Live on Letterman, hingga panggung Saturday Night Live, salah satu acara komedi terbaik di Amerika Serikat.

Pophariini merangkum nama-nama musisi berdarah Indonesia yang pernah unjuk gigi di konten-konten mendunia. Simak daftarnya di bawah ini.


NIKI – NPR Tiny Desk

Penampilannya di acara besutan National Public Radio ini menjadi perbincangan hangat beberapa saat ke belakang. Acara yang menghadirkan musisi-musisi besar untuk tampil minimalis di meja kerja Bob Boilen, sang kreator NPR Tiny Desk itu memang kerap menjadi tontonan penggemar musik di seluruh dunia.

NIKI membawakan total empat lagu dalam video, termasuk single hit “Every Summertime”. Meski bukan musisi Indonesia pertama yang tampil di NPR Tiny Desk, ia tetap mendapatkan beragam pujian dari para penggemar di Indonesia melalui akun media sosial, maupun kolom komentar YouTube NPR Music.

 

Joey Alexander – NPR Tiny Desk

Jauh sebelum NIKI yang membuat heboh masyarakat adalah Joey Alexander yang sudah lebih dulu mampir ke NPR Tiny Desk di tahun 2018. Pianis yang sering dijuluki ‘anak ajaib’ ini tampil dengan membawakan 3 lagu, salah satunya berjudul “Bali”, yang merupakan tanah kelahiran sang musisi. 

Dalam penampilannya di NPR Tiny Desk, Joey mendapatkan pujian dari penonton karena didampingi Reuben Rogers pada bas dan Kendrick Scott pada drum. Dua musisi ini tak asing di kancah jazz internasional yang membuktikan kualitas Joey karena ia mampu mengajak para dedengkot menjadi pengiringnya.

 

Rich Brian – Dingo FreeStyle

Mungkin banyak di antara kita belum familiar dengan konten dari kanal YouTube Dingo FreeStyle. Singkatnya, Dingo FreeStyle merupakan kanal hip-hop populer yang bernaung di bawah MAKEUS Entertainment, perusahan rekaman dan agency hiburan dari Korea Selatan.

Rich Brian tampil dalam Killing Verse, salah satu program Dingo FreeStyle. Ia membawakan lagu-lagu hanya dengan satu mikrofon. Penampilan Brian di acara yang selalu menampilkan musisi hip hop dari Asia ini cukup membanggakan, mengingat popularitas Dingo di industri hip-hop korea dan asian hip-hop cukup diakui.

 

The Temper Trap – Live on Letterman

Bukan rahasia lagi, bahwa punggawa dari band rock The Temper Trap, Dougy Mandagi adalah pria kelahiran Sulawesi Utara. Sejak memulai karier bersama bandnya, Dougy sudah banyak mencicipi panggung-panggung besar berskala internasional.

Salah satu penampilannya yang menarik adalah saat The Temper Trap unjuk gigi di panggung talkshow ternama Amerika, Late Show with David Letterman. Panggung bernama Live on Letterman ini mengambil tempat di Ed Sullivan Theater, New York. Saat itu dijadikan band sebagai media promosi album kedua mereka, The Temper Trap.

 

Stephanie Poetri – PNC Live Studio

Putri Titi DJ ini mendapatkan kesuksesan di kancah internasional setelah viral dengan single berjudul “I Love You 3000”. Hal tersebut membuka gerbang baginya untuk menjajal berbagai panggung dan acara beken di luar negeri.

Salah satu konten PNC Live Studio yang bermarkas di Portland, Oregon, Amerika Serikat menampilkan dirinya. Dalam live session ini, Stephanie tampil intim membawakan lagu-lagunya di Bloodworks Live Studio milik PNC. Tidak hanya bernyanyi, ia juga sempat mengikuti sesi wawancara di acara tersebut.

 

Michelle Branch – American Songwriter

Penyanyi dan penulis lagu asal Amerika, Michelle Branch ternyata memiliki darah Indonesia dari Ibunya. Ia sudah memiliki prestasi gemilang sebagai seorang musisi di Amerika karena pernah berhasil memenangkan Grammy Awards tahun 2003 untuk kategori Best Pop Collaboration with Vocals. Penampilannya di kanal YouTube American Songwriters menjadi alasan dirinya masuk ke daftar ini. Kanal tersebut menampilkan para musisi yang membawakan lagu-lagu ciptaan secara raw, live, dan akustik.

 

Eddie Van Halen – Saturday Night Live

Mendiang gitaris dari band hard rock kawakan Van Halen ini juga ikut masuk daftar ini karena memiliki darah Indonesia. Sang Ibu, Eugenia merupakan keturunan Indonesia, tepatnya Rangkasbitung, Banten.

Eksistensi Eddie Van Halen memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Tapi dalam artikel ini, kami akan menyorot penampilannya di salah satu acara sketsa komedi Amerika, Saturday Night Live.

Dalam kesempatan tersebut, Eddie yang diiringi oleh SNL Band memamerkan kemampuannya dalam memainkan gitar dengan teknik tapping yang sudah menjadi ciri khasnya.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Pudar Terinspirasi Weezer di Single Satuperdua

Usai menandai kemunculan dengan single “Hilang Sementara” Oktober lalu, band rock asal Bandung, Pudar melanjutkan perjalanan dengan yang terbaru dalam judul “Satuperdua” (01/12). Sama seperti single sebelumnya, Pudar mengambil inspirasi dari band seperti Manic …

Single Dreams tentang Mister Nobody Memaknakan Mimpi

Setelah mengisi Westwew Compilation bulan Desember tahun lalu, Mister Nobody melanjutkan karier solonya dengan melepas single “Dreams” hari Jumat (01/12). Musisi asal Soasio, Galela, Maluku Utara ini memaknai mimpi sebagai sebuah perjalanan panjang lewat …