8 Musisi Indonesia yang Tur Luar Negeri di Tahun 2023

Aug 12, 2023

Bulan April 2022, kami sempat membahas tentang 10 Musisi Indonesia di Festival Internasional. Salah satu nama dalam daftar adalah Burgerkill yang di tahun 2015 berkesempatan tampil di salah satu festival metal terbesar dunia, Wacken Open Air.

 

Berangkat dari artikel tersebut, kami tergerak untuk mengembangkan menjadi daftar 8 musisi yang sepanjang tahun ini mengamalkan ‘ibadah’ tur di negara-negara tetangga, sampai berbeda benua.

Daftar dimulai dari Ramengvrl, KUNTARI, Morgensoll, dan Rull Darwis yang sukses menggelar tur luar negeri. Ada masih ada yang menjalankan, ada yang masih menanti keberangkatan seperti Voice of Baceprot, Krowbar, Dazzle, dan Saturday Night Karaoke.

Simak selengkapnya catatan musisi Indonesia yang tur luar negeri di bawah ini.


Ramengvrl (Asia Tenggara)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by RAMENGVRL (@ramengvrl)

Rapper yang memiliki nama asli Putri Estiani ini berkesempatan tampil di 5 negara Asia Tenggara selama bulan Maret hingga Mei 2023. Saat itu, berbagai panggung festival dijajal. Sebut saja FFF Asean (Kamboja), Rolling Loud (Thailand), Pinkfish Festival (Malaysia), dan Tiger Uncaged (Singapura).

Putri juga sempat tampil di negeri sendiri untuk menjadi penampil pembuka untuk konser pH-1, penyanyi rap keturunan Korea yang besar di Amerika.

 

KUNTARI (Jepang)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Grimloc Records (@grimlocrecords)

Tur mancanegara bukan hal baru bagi musisi yang sebelumnya dikenal dengan nama Tesla Manaf ini. Ia sudah beberapa kali membawa KUNTARI, proyek musik eksperimentalnya ke berbagai belahan dunia, seperti benua Eropa di tahun 2018-2019, kemudian Thailand dan Taiwan di tahun 2022.

Tahun ini, Tesla yang masih ditemani drumer Rio Abror sukses melakukan aksi di hadapan penonton Jepang dengan membawakan materi album mini Larynx di 5 kota, yaitu Kobe, Osaka, Kyoto, Sakai, dan Tokyo. Dalam tur bertajuk KUNTARI Japan Tour 2023, sebanyak total 11 pertunjukan yang ia sambangi.

 

Morgensoll (Eropa)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Morgensoll (@morgensoll_)

Dari 8 nama musisi dalam daftar, mungkin Morgensoll salah satu nama yang paling sibuk di tahun 2023. Mengutip cuitan @pramedya di Twitter (06/08), unit post-metal ini berhasil membuktikan, bahwa mereka mampu merilis album, menggelar showcase, main sana-sini, tampil di festival akbar kelas dunia, dan berangkat tur ke Eropa hanya dalam kurun waktu setengah tahun.

Meski sempat mengalami kendala visa yang menyebabkan 2 personel dan 1 kolaborator tidak bisa berangkat, Morgensoll tetap sukses menjalankan tur di Belanda, Belgia, dan Prancis secara berturut-turut tanggal 17-21 Mei lalu.

 

Rull Darwis (Malaysia)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rull Darwis (@rulldarwis)

Setelah meluncurkan album terbaru Kembali, musisi senior Rull Darwis bertolak ke Malaysia untuk melakukan tur promosi album. Musisi yang mengawali karier dengan bermain reguler tahun 1990 – 1993 di Hotel Indonesia ini menjalani tur bertajuk Kembali Malaysia Tour 2023 tanggal 9-18 Juni lalu untuk melewati total 8 titik di kota-kota seperti Kedah, Perlis, Penang, Kuantan, Melaka, dan Kuala Lumpur.

Kembali Malaysia Tour 2023 menjadi kali kedua bagi Rull tampil dari panggung ke panggung di Negeri Jiran. Di tahun 2018 lalu, ia sempat mengadakan tur di sana dalam tajuk Salam Hangat Tur.

 

Voice of Baceprot (Amerika)

Tur luar negeri bukan hal baru bagi Voice of Baceprot. Sejak didaulat untuk melakukan tur Eropa tahun 2021 lalu, karier band asal Garut ini langsung melonjak drastis dan menjadi langganan bermain di luar negeri. Ada 11 titik yang akan disambangi mereka dalam waktu dekat. Saat artikel ini ditulis, para personel VOB sedang berada di Amerika untuk melakukan tur mempromosikan album perdana RETAS. Tur mulai bergulir tanggal 3 Agustus di Los Angeles dan berakhir tanggal 19 Agustus di San Diego. 

 

Krowbar (Jepang)

“Kamana atuh gaya,” tulis cuitan Grimloc Records di Twitter dengan menyertakan poster jadwal tur Krowbar di Jepang. Rapper yang kerap menyebut diri sebagai iblis leksikon ini memberi tajuk Krowbar Japan Tour 2023 untuk perjalanannya ke Negeri Sakura.

 

Dalam rangkaian tur ini, Krowbar bakal merapalkan lirik-liriknya di empat venue underground di Jepang, seperti Lush (Shibuya, Tokyo), Cyclone (Shibuya, Tokyo), Classix (Machida, Tokyo), dan Antiknock (Shinjuku, Tokyo). Saat artikel ini dibuat, ia sudah menyelesaikan 3 dari 4 jadwal yang ada, hingga menyisakan jadwal terakhir di Antiknock.

 

Dazzle (Asia Tenggara)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by DAZZLE (@dazzleworlddd)

Penampilan band crossover thrash asal Malang di sebuah festival bulan Februari lalu sangat memukau kami. Sejak saat itu, saya pribadi sangat tertarik untuk mengikuti perjalanan mereka.

Band yang baru saja merilis maxi-single bertajuk Magic And Mystery beberapa hari sebelum tanggal 11 dan 12 Agustus mendapatkan kesempatan untuk menghibur para hardcore kids di Malaysia dan Singapura. Meski dalam jadwal tur bertajuk SEA Tour 2023 ini Dazzle masih lebih banyak tampil di Indonesia, namun perjalanan awal yang baik untuk mereka.

 

Saturday Night Karaoke (Asia)

Saturday Night Karaoke melepas statusnya sebagai trio unit pop punk, semenjak Sarah Devira hadir sebagai gitaris. Setelah mengumumkan penambahan personel, band langsung mengabarkan tentang rangkaian tur Asia mereka yang siap bergulir Agustus ini sampai Oktober mendatang.

Jadwal tur bertajuk More Places, Better Place Asia Tour 2023 akan terbagi menjadi dua bagian. Di mana selama bulan Agustus SNK tampil di Indonesia dan negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura. Lalu, perjalanan berlanjut ke Korea dan Jepang di bulan September dan Oktober.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Afgan Merilis Karya yang Paling Personal Berjudul Sonder

Selang empat bulan dari perilisan single “Shallow Water”, Afgan akhirnya melepas album berbahasa Inggris kedua berjudul Sonder tanggal 21 Juni lalu sesuai yang direncanakan. Album mini tersebut menampilkan total 5 lagu dengan trek fokus …

Gagasan Perayaan Risky Summerbee & The Honeythief di Single Carnivalesque

Berjarak 2 bulan dari perilisan “Perennial”, Risky Summerbee & The Honeythief kembali lagi membawa yang terbaru dalam tajuk “Carnivalesque” hari Jumat (14/06).   Rizky Sasono yang menuliskan lirik lagu ini dengan mengangkat tema perayaan …