8 Tahun Karier, taRRkam Rilis Album Penuh Perdana

Feb 28, 2023

Band punk asal Jakarta, taRRkam merilis album penuh perdana Fresh Grad hari Jumat (24/02). Album yang bernaung di bawah LaMunai Records ini sudah lama dinanti oleh mereka. Tepatnya delapan tahun sejak album mini Transcend Massive Culture diluncurkan.

Formasi taRRkam yang terkini adalah Rahmad ‘Ape’ Sumantri (vokal), Stefanus ‘Epan’ Yonatan (gitar), Haryo ‘Oyob’ Widi Adhikaputra (bass), Bagas ‘Encek’ Wisnu Wardhana (drum), dan Denny ‘Banon’ Aulia (synth). 

Penggarapan album mereka berlangsung di Kandang Studio, Jakarta yang sebenarnya sudah mulai digarap sejak 2017. Alasan proses pengerjaan yang begitu lama karena setiap personel taRRkam memiliki kemauan dan selera musik yang terus berkembang. 

Selama periode tersebut, mereka juga kedatangan personel baru, Banon yang bergabung tahun lalu. Banon menjadi sosok yang berhasil menambah elemen perubahan terhadap gaya musik taRRkam dengan bunyi synthesizer-nya.

Mereka secara musikal mendeskripsikan 12 nomor di Fresh Grad sebagai lagu yang berputar cepat, segar, rusuh, nyaman, dan geeky di saat bersamaan. Pengaruh yang diambil cukup variatif, mulai dari Geza X, DEVO, hingga Frank Zappa.

Mereka juga mengaku, selama mengerjakan album band mendapatkan bantuan dari beberapa pihak. Salah satunya Alfa Shidqi dari grup ska The Regards yang menyumbang permainan saksofon untuk track keenam album yang diberi nama “Kelas taRRkam”.

Sementara pasca produksi album, taRRkam memercayai Alfath Arya atau dikenal sebagai Alfuzz yang juga memiliki proyek solo Flowr Pit. Alfath dan drummer taRRkam, Bagas Wisnu juga sama-sama tergabung dalam BAPAK.

Lirik lagu yang terdapat di album merupakan hasil tulisan Ape yang terkumpul selama tahun 2017 – 2022. Ia mengungkapkan, bahwa terdapat perbedaan antara album mini Transcend Massive Culture dan Fresh Grad soal penulisan liriknya. Di album mini, Ape banyak mengangkat cerita dari sekitarnya.

“Sedangkan album ini banyak bercerita tentang sisi personal, juga tulisan fiksi. Saat mulai menulis untuk album ini, posisinya memang gue baru saja lulus kuliah dan terpikir menamakan Fresh Grad ke salah satu lagu. Akhirnya kami pakai juga menjadi judul album,” jelas Ape.

Saat ini Fresh Grad bisa didengarkan melalui Bandcamp taRRkam dan The Store Front. Mereka ke depannya juga berencana merilis videoklip beberapa lagu dari album, serta rencana tur Indonesia dan Asia.


 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.

Eksplor konten lain Pophariini

5 Lagu Cinta Indonesia Pilihan Fabio Asher

Kesuksesan lagu “Rumah Singgah” dan “Bertahan Terluka” yang mendapat sambutan lebih dari 100 juta pendengar di layanan streaming musik membawa Fabio Asher sampai di titik ini. Ia juga sudah mengantongi materi baru lewat perilisan …

Wawancara Eksklusif: Penggarapan Album Penuh Perdana Skandal

Skandal menghadirkan video lirik single terbaru “Mimpi” hari Rabu (28/02) melalui kanal YouTube. Seperti single “Terbang”, karya ini juga bakal masuk daftar album perdana mereka bertajuk Melodi.    Sebelum video lirik “Mimpi” beredar, cuitan …