80’s Banget, Ini dia 5 Lagu Soundtrack Film Lupus

Mar 9, 2022

Meninggalnya Hilman “Lupus” Hariwijaya (25 Agustus 1964 – 9 Maret 2022) adalah sebuah berita duka bagi anak muda yang besar di delapanpuluhan, terkhusus penggemar tokoh ini di seantero tanah air.

Dengan Lupus, tokoh fiktif yang kemudian menjadi simbol cult di era ini, dari tulisan cerpen di majalah HAI (1986), menjadi novel dan diangkat ke layar lebar, sosok Hilman memang selayaknya menjadi pahlawan pop.

Sebagai film, Hilman sendiri pernah berperan sebagai Lupus, tokoh yang dibuatnya sendiri di Lupus III: Topi Topi Centil sebelum akhirnya digantikan oleh Ryan Hidayat. Meski demikian, Hilman dan Lupus tetap tak bisa dipisahkan.

Dalam perjalanan filmnya sendiri, Lupus tak bisa dipisahkan dari lagu-lagu soundtrack yang melekat di tiap filmnya. Baik film dan soundtracknya menjadi sebuah ikon pop di era 80/90-an yang menghiasi tumbuh kembang dan pergaulan anak muda di era tersebut.

Pophariini mencoba mengulik lagu-lagu apa yang melekat di film ini di tiap episodenya tersebut. Berikut lima diantaranya.

 

Utha Likumahuwa – Gadis Manis 

Penyanyi legendaris Utha Likumahuwa menyanyikan lagu “Gadis Manis” yang menjadi soundtrack Lupus II: Mahluk Manis Dalam Bis (1987). Lagu ini sendiri ditulis oleh penata musik film ini, Billy J. Budiarjo. Kasetnya sendiri sempat beredar beserta filmnya, yang diproduksi oleh Billboard Indonesia, menampilkan beberapa karya lagu dari beragam penyanyi baru pada saat itu.

 

Fariz RM feat Iwan Madjid  – Cara Mereka

Lagu ini masuk dalam soundtrack film Lupus IV: Anak Mami Sudah Besar. Ini adalah single utamanya. Yang menariknya, soundtrack film ini digarap langsung oleh Fariz RM sebagai penata musiknya. Dan Fariz yang waktu itu bermain drum di sebuah project musik bernama WOW! bersama Iwan  Madjid (vokal, piano, keyboards) dan Darwin B. Rachman (Bass) menggarap keseluruhan album soundtrack yang dirilis Musica Studios pada tahun 1990.

 

Nike Ardilla – Sepanjang Jaman

Selain single andalan dibawakan Fariz RM dan Iwan Madjid berjudul “Cara Mereka”, Lupus IV juga memiliki satu lagu melodius yang pas dinyanyikan pada acara perpisahan sekolah. Bertajuk “Sepanjang Zaman”. Versi lagu yang dinyanyikan filmnya sendiri oleh almarhum Nike Ardilla, tetapi untuk versi album dinyanyikan Netta KD.

 

Ita Purnamasari – Topi Topi Centil (?)

 

Lagu yang judulnya saya tidak yakin ini terambil dari film Lupus II: Topi-Topi Centil yang tayang di tahun 1989. Yang menariknya, selain menyanyikan lagu, Ita Purnamasari juga bermain di film ini sebagai Poppy. Billy J. Budiarjo didapuk sebagai penata musiknya.

 

Harri Mukti – Lupus 

Diambil dari film Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak, rocker Harri Mukti menyanyikan lagu tema dari film yang pertama terbit tahun 1987 ini. Suara rock Harri Mukti menjadi ikon di film yang penata musiknya dikerjakan oleh almarhum Areng Widodo. Areng Widodo sendiri dikenal sebagai penata musik dan pencipta lagu-lagu hit di eranya, diantaranya “Syair Kehidupan”-nya Ahmad Albar dan “Jarum Neraka” Nicky Astria.

 

Penulis
David Silvianus
Mahasiswa tehnik nuklir; fans berat Big Star, Sayur Oyong dan Liem Swie King. Bercita-cita menulis buku tentang budi daya suplir
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Billy
Billy
1 year ago

Bang bahas soundtracknya film olga sepatu roda dong soalnya pas di opening ada lagunya mas fariz rm yg enak banget tapi ga tau judulnya

Eksplor konten lain Pophariini

Jangar – Malam (EP)

Pelafalan dan karakter vokal Gusten di EP Jangar, Malam, ini mengingatkan pada Yukie PAS band yang melantangkan lirik dengan suara bulat dan diksi lugas

Nagita Slavina Mengawali Rencana Album dengan Single Bersyukurlah

Jeda hampir 2 tahun dari perilisan single terakhirnya “Untukmu Rafathar Rayyanza”,  Nagita Slavina kembali lagi membawa yang terbaru dalam single bertajuk “Bersyukurlah” hari Sabtu (17/02).   Lagu “Bersyukurlah” yang rilis bertepatan dengan ulang tahun …