14554

9 Fakta Di Balik Album Album Baru Burgerkill, Adamantine

Foto: Anggra Bagja

Setelah 7 tahun band metal asal Bandung Burgerkill akhirnya merilis album baru yang berjudul Adamantine. Dengan anger sound khas Burgerkill, lagu cover milik Iwan Fals, serta tentunya lagu-lagu baru yang diisi oleh drummer baru Putera Pra Ramadhan, album ini dirilis pada tanggal 20 April, sehari sebelum momentum Record Store Day 2018.

Sebelumnya Burgerkill telah merilis 4 album yang penuh liku-liku dan pengorbanan. Merilis album perdana Dua Sisi di 2000, bergabung dengan label besar Sony Entertainment Indonesia dan merilis Berkarat di 2003 yang memenangkan penghargaan “Best Metal Production” di ajang penghargaan bergengsi nasional, AMI Awards 2004. Di 2006 Burgerkill merilis album ke 3, Beyond Coma And Despair. Namun kabar duka datang mendadak, vokalis Ivan Scumbag meninggal dunia karena penyakit keras. Burgerkill dan para fansnya pun mengalami duka yang kelam cukup panjang.

Baca juga:  Apa Itu Budaya Pop?

Di tahun 2007 vokalis Vicky Mono masuk menggantikan almarhum di sisa tur panjang Burgerkill memporomosikan album ketiganya. Dan di tahun 2011 Burgerkill merilis album Venomous. Kabar mengejutkan lain datang di tahun 2016 saat drummer Abah mengundurkan diri dari band yang sudah ia jalani selama 16 tahun. Kabar ini mengejutkan semua pihak terutama fans Burgerkill. Sehingga sempat muncul berbagai spekulasi di para penggemarnya. Namun tidak butuh waktu lama bagi Eben (gitar), Agung (gitar), Vicky (bass) dan drummer baru, Putera menyelesaikan proses rekaman album baru ini.

Lalu ketika akhirnya 7 tahun kemudian merilis album baru, penantian lama ini disambut oleh para begundal –sebutan untuk fans Burgerkill- dengan antusias. 2000 keping CD nya langsung ludes terjual dalam waktu kurang dari seminggu. Ini angka yang fantastis di era digital dan streaming seperti sekarang

Baca juga:  Menebak 5 Lagu Favorit Milea

Simak obrolan lebih lanjut Pop Hari Ini dengan Eben, gitaris dan pendiri Burgerkill tentang album terbaru Adamantine:

 

Dimulai Dari 2014 Sampai 18 April 2018

Proses pengerjaan album Admantie telah berjalan dari tahun 2014. Dimulai dari penggarapan lagu “Undefeated”. Sebelumnya di tahun 2013 lagu “Air Mata Api” yang merupakan cover dari lagu Iwan Fals juga sudah selesai digarap. Meskipun saat itu belum tahu akan dimasukan ke dalam album. Baru belakangan dirasa mantap untuk merekam dan memasukan lagu tersebut ke dalam album ini.

Ilustrasi Sampul Album Adamantine

Ilustrasi di sampul album Adamantine digambar oleh Fajar Allanda. Namanya ditemukan di Instagram. Sebelumnya Fajar sempat mengerjakan merchandise Burgerkill beberapa kali dan karena dirasa cocok akhirnya ia dipilih untuk mengerjakan sampul album Adamantine. Konsepnya adalah menggambarkan beruang Grizzly yang tidak terkalahkan. Beruang Grizzly ini meskipun tidak termasuk beruang yang paling berbahaya, namun beruang besar dan seram yang cenderung tenang ini akan menyerang dan berbahaya jika diganggu. Perumpamaan itu juga dirasa cocok menggambarkan karakter Burgerkill saat ini.

Comments