Atlesta Rilis Album Instrumental, “Spin Off” Dari Karya Sebelumnya

Apr 10, 2020

Atlesta, proyek bermusik solois Fifan Christa, merilis album instrumental perdana berjudul INNER FEELINGS COLLECTION PART. 1 pada awal April 2020. Album berisi 13 judul ini  diproduksi di dalam kamar Fifan sendiri semasa karantina Covid-19.

Per nomor di album ini tak ada yang lebih dari 3 menit. Proses penggarapan disebut mastermind dari Atlesta yang dikerjakan secara mandiri dari mulai rekaman, mixing, hingga mastering selama masa pandemi Corona yang sampai sekarang masih berlanjut.

Fifan sudah memikirkan konsep albumnya sejak lama. Ia menginginkan rilisan yang benar-benar lepas tanpa beban, dan akhirnya bisa terwujud di waktu yang cukup tepat. Saat keadaan memaksa orang-orang saling mengasingkan diri.

Pria dibalik Altesta, Fifan Christa / dok. Atlesta

Pergolakan dalam diri, realita, dan pengalaman yang membentuk diri Fifan baik dari masa lalu atau masa sekarang menjadi inspirasi album. Ia mengaku terinspirasi dari sesi “Duduk Melingkar” (DuMel) yang diadakan Atlesta secara rutin beberapa waktu lalu.

“Jadi DuMel itu kayak semacam sesi roundtable di mana aku dan beberapa orang yang sebelumnya tidak kukenal saling bercerita satu sama lain. Kepinginnya sih buat riset materi album official-ku nanti, tapi ternyata things got really personal di situ. Really personal sampai aku berani bilang kalau kisah-kisah mereka benar-benar mengubah hidup dan sudut pandangku,” terang Fifan dalam siaran persnya.

Salah satu yang terinspirasi dari sesi tersebut “the woman’s body (not the man’s one)”. Lagu tentang unek-unek Fifan dan teman-teman DuMel tentang pemerkosaan dan pelecehan seksual. Ia mengambil sudut pandang si penyintas atau wanita yang kerap menjadi korban.

Nomor yang juga memiliki cerita menarik “tribute to how i meet my first synth”. Fifan dedikasikan untuk Little Star, band lamanya. Sementara nomor penutup “my favorite notification” adalah rekaman percakapan antara Fifan Christa dan sang kekasih.

Berbicara mengenai INNER FEELINGS. Fifan berpendapat, Ibarat komik manga album ini semacam spin-off. “Aku lihat beberapa artis lain yang merilis album di luar ‘pakem’ musik mereka. Jadi semacam memperkenalkan ada ‘dimensi’ lain dalam satu persona artis. Kayak apa ya? Semacam Official Bootleg atau Mixtape gitu lah kalau mau dibilang,” ungkap Fifan.

 

 

____

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.

Eksplor konten lain Pophariini

Wai Rejected Ajak Pendengar Merendahkan Ego di Single Koseitam

Setelah terakhir merilis karya di tahun 2021, Wai Rejected kembali menunjukkan eksistensi dengan single anyar “Koseitam” yang dilepas hari Senin (08/04). Dalam menggarap lagu ini, band menunjuk Mc Anderson untuk duduk di kursi produser. …

Lightcraft Kolaborasi dengan Solois dan Band Asal Filipina

Lightcraft kembali dengan single anyar bertajuk “Coming Home” hari Kamis (25/04). Dalam membawakan lagu ini, mereka mengajak solois Chelsea Dawn dan band pop rock bernama Coloura sebagai kolaborator.   Kedua kolaborator merupakan 2 musisi …