Kritik Sosial Jamrud di “Autopsi”

Oct 6, 2022

Tepat di tanggal 30 September lalu, Jamrud bersama SRN Entertainment merilis lagu berjudul “Autopsi” yang memuat pesan positif terkait bahaya penggunaan narkoba.

“Autopsi” sendiri mempunyai cerita sentimentil bagi para personel Jamrud, terutama bagi Azis MS, sang gitaris yang juga menciptakan lagunya.

Tergambar jelas dengan penggalan lirik “nafas terakhirmu bawa cerita pilu / sisakan tanda tanya untukku” yang merangkum dengan singkat dari cerita mengenai ditinggalnya Azis oleh rekan satu bandnya dahulu.

“Lo ngapain sih masih gunain itu, kita kan sudah komitmen, kenapa kalian masih nyolong-nyolong”, terang Azis ketika mengingat kembali cerita masa lalunya.

Mengingat kembali perjalanan Jamrud, mereka pernah ditinggal dua personelnya, mendiang Fitrah dan Sandi. Atas cerita tersebut, selalu ada lagu dari Jamrud yang mengisahkan seputar penyalahgunaan narkoba dan bahaya yang mengintainya.

Meski begitu, “Autopsi” juga bisa dikaitkan sebagai sebuah lagu yang memuat cerita mengenai kehilangan serta kematian yang masih menyisakan tanda tanya besar bagi mereka yang ditinggalkan.

“Kita melihat di lagu ‘Autopsi’ ini memiliki pengalaman yang relate dengan kehidupan orang-orang di luar sana, terutama pada bagian reff yang memberikan tanda tanya. Kita berharap dari lirik lagu tersebut dapat dinikmati dan dipahami oleh para pendengar Jamrud”, terang Andi selaku Head of Label SRN Entertainment.

 

Di bulan November silam, Jamrud bersama SRN Entertainment menyelenggarakan konser spesial bertajuk Jamrud Pe25pective sebagai bentuk perayaan 25 tahun perjalanan di kancah musik lokal.

Tak berhenti di situ, karena setelahnya mereka memperkenalkan sang album terbaru, PE25PECTIVE di bulan Maret. Album ini memuat beberapa nomor seperti “Ea Eo”, “Arogan” hingga “Autopsi”.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

Momen 15 Tahun Berkarya, Jevin Julian Luncurkan Album i will, i’m sure

Jevin Julian terakhir merilis karya musik tujuh bulan yang lalu berupa album mini berjudul 20 50. Belum sampai setahun, produser, penyanyi sekaligus penulis lagu satu ini memutuskan kembali lagi dengan membawa album penuh terbaru …

Bagasi Travel Bugs Experience Berlangsung Sebulan di Bandung

Merek koper Bagasi bekerja sama dengan art space asal Bandung, Grammars untuk menghadirkan pengalaman multi indera di Bandung selama sebulan dimulai tanggal 2 Mei hingga 2 Juni 2024 dalam tajuk Bagasi Travel Bugs Experience. …