Crayola Eyes dan Gambaran Karakter Terbaru Musik Mereka

Nov 5, 2022

Tahun ini menjadi tahun di mana Crayola Eyes kembali dengan materi-materi terbaru mereka. Setelah terakhir kali merilis double single “Oscillation” dan “Crayola Eyes” di tahun 2018 silam, kini hingga bulan November 2022 mereka sudah merilis dua single, “Spectrum (for Sonic Boom)” dan yang paling terbaru, “Blacker Than Coal”.

Dua single tersebut, didapuk menjadi sebuah jembatan menuju album debut mereka bersama La Munai Records yang dijadwalkan rilis di akhir tahun ini.

Mengenai alasan mengapa “Blacker Than Coal” diperdengarkan terlebih dahulu, Crayola Eyes menyampaikan bahwa single tersebut menjadi salah satu favorit mereka di album mendatang. Tak hanya itu, karena sang single mempunyai gambaran paling jelas mengenai perubahan karakter baru dari musik mereka.

“Merupakan hal yang mudah dan logis untuk memilih lagu ini sebagai single. ‘Blacker Than Coal’ mungkin adalah lagu favorit kami dari album mendatang, lagu ini juga sangat menyenangkan dibawakan secara live, dan merupakan lagu yang paling mewakili karakter musik baru kami, yang dihasilkan dari racikan instrumentasi berlapis dan peningkatan nilai produksi”, terang Crayola Eyes.

Crayola Eyes, 2022 / Dok. Istimewa

“Blacker Than Coal” juga menjadi kali pertama bagi Crayola Eyes untuk menyelipkan bunyi instrumen biola di materi mereka. Personel NonaRia, Yasintha Pattiasina adalah nama yang mereka ajak untuk mengisi departemen biola.

Dari balik layar, “Blacker Than Coal” masih diproduseri oleh Bernarduz Fritz (Sunmantra), sama seperti single sebelumnya dan juga materi lain di dalam album. Juga hadir nama Pandji Dharma (Sirati Dharma, Sleep Shelter) yang membantu proses mixing dan mastering, serta Haryo Widi (Tarrkam, The Upstairs) yang menemani selama proses rekaman di Noise Lab Studio.

“Kami sadar bahwa kami harus mengembangkan materi musik kami demi bisa menghindari stagnasi, apalagi dengan fakta bahwa band ini sudah ada bertahun-tahun lamanya tanpa merilis satu album pun”, tutup mereka.

Dengarkan “Blacker Than Coal” di bawah ini.

 

Di tahun 2022 ini, Crayola Eyes masih beranggotakan Reno Nismara (vokal, tamborin), Kendra Ahimsa (gitar), Bayu Andrianto (gitar), Aditya Hadisusanto (bas), Anindya Anugrah (kibor), dan Ferry Prakarsa (drum).

Sang sextet juga dijadwalkan mentas di hari kedua penyelenggaraan Joyland Festival, tepatnya di Lily Pad Stage, panggung yang sama dengan Batavia Collective, Skandal dan Perunggu.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

Good Ol’ Dreams Hadirkan Album Perdana dengan Sampul Jepretan John Navid

Tiga bulan setelah perilisan single “Tentang Lagu”, Ivan Adiwiguna atau dikenal sebagai Good Ol’ Dreams sempat menuliskan tentang bagaimana perkembangan musik di kabupetan asalnya. Di akhir tulisan, pria yang akrab disapa Epeng ini mengatakan, …

Teza Sumendra Rilis Album Mini Midnight Notion

Setelah asyik melakukan kolaborasi dengan sejumlah musisi, Teza Sumendra akhirnya kembali menghadirkan single baru “Got Supplies” yang menjadi materi solo pertamanya di tahun ini. Tanpa menunggu lama, seminggu kemudian sang penyanyi langsung menghadirkan sebuah …