Alahad Proyek Solo Billy Saleh ‘Polka Wars’

255

Awal bulan Maret ketika hujan sedang deras-derasnya disertai angin kencang, dan Billy Saleh merilis single perdana berjudul “Sisa Wangi” dalam proyek solo Alahad. Namun bukan terinspirasi dari Al-Ahad, salah satu Asma`ul Husna yang memiliki arti Yang Maha Esa. 

Nama proyek ini merupakan pemberian Ade Paloh ’Sore’ diambil dari bahasa Arab, Ibnu Al-Ahad, yang berarti putra hari Minggu. Kemudian nama disederhanakan menjadi Alahad oleh Billy demi menggambarkan kegelisahan dan kegusarannya terhadap hari Minggu.

Lagu “Sisa Wangi” bercerita tentang upaya untuk membunuh ekspektasi serta memelihara harapan dalam waktu yang bersamaan.

“Ini tuh kalau gue analogikan, dia (Sisa Wangi) sebagai sosok seseorang yang berperan sebagai harapan yang tiba-tiba muncul dan mulai menjelma sebagai ekspektasi. Nah dari situ proses memusnahkannya pun tidak mudah, penuh pertanyaan dalam perjalanannya,” jelas Alahad dalam siaran pers.

Alahad alias BIlly Saleh / dok. Alahad

Proses rekaman “Sisa Wangi” berlangsung di dua tempat yaitu Ruang Waktu Studio bersama Lafa Pratomo dan Studio Mabes Music bersama Uga Swastadi yang turut berperan sebagai produser lagu ini. 

Di antara nama-nama lain yang turut berkontribusi Bilal Indrajaya pada vokal latar, Otta Tarega pada piano, serta Ricky Virgana ‘White Shoes and the Couples Company’ pada cello yang berperan menambahkan bebunyian.

Masih perlu banyak merenung, tanpa pergi sejenak dan bernyanyi. Alahad langsung mempersembahkan video lirik “Sisa Wangi” melalui kanal YouTube resmi billy saleh. Diproduksi Sabrina K. Sofwan menampilkan Savitri Sofwan sebagai pemeran utamanya. 

 

____