278

Album Mengubah Hidup : Rara Sekar

Rara Sekar di Music Gallery / foto: Donny Nurdiansyah

Rekan duet Isyana Sarasvati di lagu “Luruh” tak lain adalah kakak kandungnya sendiri, Rara Sekar. Ia dikenal sebagai teman bermusik Ananda Badudu. Banyak yang menyayangkan bubarnya Banda Neira, banyak pula yang tetap berada di barisan penonton untuk melihat aksinya baik solo maupun bersama Daramuda.

Wanita berkacamata ini awalnya mengaku tak cukup menyebutkan hanya satu album. Tentang album yang mengubah hidupnya. Mengingat perjalanan mendengarkan musiknya tidaklah sebentar. Namun pada akhirnya setelah direnungkan matang-matang, pilihan album yang mengubah hidup ini jatuh pada sang multi-instrumentalist. Edisi terbaru Album Mengubah Hidup ini patut disimak:

Bon Iver – For Emma, Forever Ago

Sampul album Bon Iver / dok. merchbar.com

Penyanyi yang kini sibuk mempromosikan albumnya bersama Sandrayati Fay dan Danilla dalam unit folk Daramuda ini menyebutkan album For Emma, Forever Ago sebagai Album Yang Mempengaruhi perjalanan musikalnya sejak dulu.

Baca juga:  5 Lagu Indonesia Pilihan Rara Sekar  

For Emma sendiri adalah debut studio album dari Bon Iver. Album ini pertama kali dirilisnya sendiri pada Juli 2007, dan kemudian dirilis secara luas oleh label Jagjaguwar pada Februari 2008. Album ini pada dasarnya adalah karya penyanyi-penulis lagu Justin Vernon.

Menarik melihat cerita dari album ini. Ketika tinggal di Raleigh, North Carolina, Vernon jatuh sakit dengan mononukleosis dan infeksi hati. Ia lantas menjadi frustrasi dengan penulisan lagu dan kehidupannya. Dia meninggalkan Raleigh dan pergi ke kabin berburu ayahnya yang berada terpencil satu jam di barat laut kota asalnya, Eau Claire, Wisconsin, demi tujuannya untuk menyendiri.

Cara sang vokalis, Justin Vernon membuat komposisi di album inilah yang lantas membuat Rara Sekar terkesan.

Baca juga:  Selamat Hari Musik Nasional!
Daramuda / foto: Pohan

“Dia bisa membuat komposisi yang minimalis tapi dalam dan sangat telanjang tentang dirinya. Itu mengubah cara pandangku tentang bagaimana kita menciptakan sebuah lagu sih. Dan aku jatuh cinta banget sama musiknya Bon Iver dan Justin Vernon pastinya. Dan semua project-project sampingan dia, dan masih mengikutinya. Bahkan aku mengikuti perubahan musikalitas dia dari album itu hingga album yang paling terakhir dikeluarin. Kayak ngeliat perjalanan hidup seseorang,” ujar Rara Sekar.

(Memutar lagu “re: stacks”)

Lagu “Re: Stacks” adalah salah satu lagu di album For Emma yang berkesan untuk diri saudara kandung Isyana Sarasvati ini. Rara terkesan dengan penulisan serta kompleksitas lirik di lagu ini.

Baca juga:  Album yang Mengubah Hidup: Dhira Bongs

“Lagunya bikin aku ‘ngawang’. Kayak aku nggak ngerti maksud liriknya karena sangat kompleks, dan kayaknya sangat personal buat dia. Tapi lagu itu jadi lagu yang personal juga buatku, dan mengisi ruang-ruang dalam kehidupan aku yang sangat penting. Kalau ditanya pengin diproduseri siapa, Justin Vernon. Sebuah angan-angan, tapi ya itu dia sih.” tutup Rara Sekar.