Apa Kata Mereka: Pandangan Musisi Terhadap Virus Corona

795
Virus Corona
Sejumlah musisi berbicara soal virus Corona dan kegiatan terkait anjuran Pemerintah bekerja dari rumah / foto: Raka dan Pohan.

Beberapa hari yang lalu, Presiden Jokowi akhirnya kembali berbicara terkait virus COVID 19 atau Corona yang telah menjadi Pandemi ini. Salah satunya yakni dirinya mengeluarkan kebijakan bagi masyarakat untuk bekerja di rumah.

“Untuk mengatasi penyebaran COVID-19 membuat kebijakan belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa, sebagian ASN bisa kerja dari rumah dengan online dan mengutamakan pelayanan prima dari masyarakat,” ujar Presiden sebagaimana dikutip Liputan6.com.

Lanjutnya, Presiden Jokowi juga menyarankan masyarakat untuk melakukan langkah social distancing. Social distancing yang dimaksud yakni untuk membatasi interaksi antar satu dengan yang lain, guna mengantisipasi dan memperlambat penyebaran virus Corona.

Pada akhirnya, virus ini membuat semua sektor terhambat. Salah satu sektor yang tentunya terhambat yakni industri musik di Indonesia. Panggung-panggung terpaksa ditunda ataupun batal, -tentunya demi kepentingan bersama-, entah itu panggung skala besar maupun skala kecil.

Terhentinya arus pemasukan pada kantung para musisi juga akhirnya menjadi salah satu masalah yang muncul. Belum lagi dengan nasib para pekerja dibalik panggung yang akhirnya juga harus mengalah dengan keadaan.

Sebagai fans, tentunya yang bisa dilakukan untuk membantu para musisi adalah dengan membeli rilisan mereka, juga merchandise dan streaming lagu-lagu mereka di berbagai platform musik digital.

Di samping hal tersebut, kami bertanya kepada beberapa musisi mengenai virus Corona ini dan apa saja yang mereka lakukan untuk mengisi waktu terkait imbauan dari pemerintah untuk tetap di rumah saja.


 

BARASUARA

Barasuara / dok. Barasuara

Apakah Corona mempengaruhi jadwal manggung Barasuara?

Sangat berpengaruh. Beberapa gig kami di bulan ini terpaksa ditunda dan dibatalkan atas keputusan pemerintah.

Bagaimana pendapat para personel Barasuara terhadap Corona?

COVID19 adalah pandemi global yang sangat memengaruhi segala lini, baik dari jatuhnya korban jiwa hingga guncangan perekonomian. Jelas ini sangat mengkhawatirkan karena dalam beberapa kasus pandemi terakhir, COVID19 punya efek penyebaran yang sangat cepat dan menyeluruh secara global.

Apa yang dilakukan para personel Barasuara untuk mengisi waktu terkait imbauan dari pemerintah untuk di rumah saja?

Macam-macam sih, ada yang tetap memproduksi musik, ada yang aktif berolahraga, main game dan menghabiskan waktu sama keluarga. Yang pasti untuk saat ini kami semua harus tetap menjaga kesehatan dan saling menjaga satu sama lain, terus berdoa supaya keadaan bisa menjadi lebih baik dan kembali normal seperti biasa.

 

PAMUNGKAS

Pamungkas / foto Anest (@bejanawaktu)

Apakah Corona mempengaruhi jadwal manggung Pam?

Banget. Banyak yang postponed dan cancelled dan jadi enggak manggung tapi ya mau gimana, kesehatan.

Bagaimana pendapat Pam terhadap Corona?

A virus is a virus. Mau mematikan atau enggak, i think it’s important untuk keeping everyone safe. Im just hoping things get back to normal again so we can all go back to the routines and continue live our lives.

Apa yang dilakukan Pam untuk mengisi waktu terkait imbauan dari pemerintah untuk di rumah saja?

So far jadi bisa punya banyak waktu untuk beresin kamar. And of course recording and songwriting. Putting my focus back to the next album. Karena habis Flying Solo Tour South Asia (the end of flying solo era) rencananya mau next album. Rencananya. So far sudah 50%, jadi sekarang social distancing thing memberikan lebih banyak waktu untuk bisa selesaiin albumnya — walau ya canggung juga biasanya ketemu orang terus lalu sekarang hanya diam sendirian recording di apartment. in one hand im happy bs studio days lagi but in the other hand its hard to find balance kalau isolated. but yeah, selalu ada hal yang bisa disyukuri.