Apa Kata Mereka: Pandangan Musisi Terhadap Virus Corona

845

 

ENDAH N RHESA

Endah N Rhesa, Coffeewar / foto: Pohan

Apakah Corona mempengaruhi jadwal manggung Endah N Rhesa?

Sangat berpengaruh. Jadwal hingga satu bulan ke depan semua ditunda.

Bagaimana pendapat Endah N Rhesa terhadap Corona?

Tentu saja ini adalah virus yang sangat serius. Selain penyebarannya jauh lebih mudah dari virus-virus seperti sars, flu burung, dll, virus ini juga belum ada vaksinnya. Karena menyerang paru-paru/ pernapasan, kuatir orang-orang yang terkena virus ini pada skala serius tidak tertangani dengan baik jika jumlahnya membludak di rumah sakit. Social distancing yang diakibatkan oleh virus ini sungguh menyebalkan, tetapi juga harus dipatuhi untuk mencegah penularan. Jadi ya, jalani saja.

Apa yang kalian lakukan untuk mengisi waktu terkait imbauan dari pemerintah untuk di rumah saja?

Kami tetap melakukan kegiatan seperti biasa di rumah, memang pada dasarnya juga anak rumahan. Main game, nonton tv, menggambar, main musik, bermain gitar dan bass. Memikirkan ide-ide baru untuk berkarya. Ya, sejauh ini belum bosan. Selama masih ada internet, hal itu membantu kami untuk tahu perkembangan dan berinteraksi dengan orang lain meskipun harus berjarak.

 

DANILLA

Danilla / foto: pohan

Apakah Corona mempengaruhi jadwal manggung Danilla?

Iya, hahaha! Banyak event yang tertunda atau bahkan cancelled, tapi ini baik untuk kepentingan bersama, mengingat Covid19 sudah serius di Indonesia.

Bagaimana pendapat Danilla terhadap Corona?

Corona mungkin seperti akan terjadi juga (entah kapan waktunya, dan ini sekarang), melihat penyebab dari virus ini yaitu kejadian di wet market yang tidak higienis, dan kemungkinan besar memang akan melahirkan virus baru yang berdampak kepada manusia dari hal tersebut. Spiritualnya adalah, binatang-binatang disana seperti berbicara tentang apa yang mereka rasakan, dikandangin dan merasa ketakutan; seperti keadaan manusia yang dikarantina sekarang. Namun, terlepas dari semua itu dan tanpa menyalahkan apapun/siapapun, ada baiknya juga sekarang kita jadi lebih concern terhadap kebersihan dan kesehatan kita; serta waktu dengan keluarga tersayang jadi lebih banyak dan intim. Tetap jaga kesehatan pikiran dan badan, everything’s gonna be okay, and pray for the world.

Apa yang Danilla lakukan untuk mengisi waktu terkait imbauan pemerintah untuk di rumah saja?

Banyak sekali, bisa lebih banyak waktu untuk workshop juga, serta timbul ide-ide baru untuk kedepannya. Kita semua mengusahakan tetap produktif dalam keadaan seperti ini, dan tetap berpikir positif serta tidak panik. Terima kasih untuk era digital yang turut membantu proses bekerja menjadi lebih mudah untuk kami.

 

VIRA TALISA 

Vira Talisa. Foto: Pohan

Apakah Corona mempengaruhi jadwal manggung Vira Talisa?

Iya, sudah pasti. Dalam waktu dua bulan ke depan jadwal manggung udah dikosongin semua. Banyak yang di- cancel. Tapi dari kita juga kebijakannya nggak mau ambil. Rasanya disrespectful kalau kita bikin acara atau mengumpulkan orang banyak di satu ruangan.

Bagaimana pendapat Vira terhadap Corona?

Kalau untuk virusnya sendiri, pastinya shock karena lumayan cepat progress-nya. Sampai hari ini bisa orang-orang udah WFH semua, udah social distancing. Jadi lumayan kaget penyesuaiannya. Kita udah nggak bisa mikir kayak normal lagi untuk sehari-hari, untuk cara kita berinteraksi. At least, untuk dua minggu ini kita udah harus bekerjasama untuk stay di rumah, untuk membantu para tenaga medis yang lagi bekerja di rumah sakit karena itu satu-satunya hal apa the least we can do untuk membantu pencegahan penyebaran virus. Menurut gue ini sangat penting buat kita sama-sama kerjasama. Nggak egois. Jangan pergi, jangan ke luar rumah kalau nggak penting. Kalau loe peduli sama sekitar, sama keluarga, orangtua, kakek-nenek, dan teman-teman loe yang bekerja di lingkungan medis, maupun orang-orang yang, siapapun yang kemungkinan terkena virus ini. The least we can do itu stay di rumah. Jangan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Itu udah cukup membantu.