Apa Kata Mereka: Pandangan Musisi Terhadap Virus Corona

845

Apa yang kamu lakukan untuk mengisi waktu terkait imbauan pemerintah untuk di rumah saja?

Banyak banget, mulai dari kegiatan sehari-hari seperti olahraga, masak. Kebetulan gue ada kucing di rumah, bokap juga melihara ikan. Jadi, kegiatan domestik gue lumayan terisi. Terus yang gue senang dari social distancing ini karena satu keluarga gue Alhamdulillah WFH. Nyokap gue yang kerja di rumah sakit juga minggu ini diliburkan. Jadi kita ada waktu untuk bareng keluarga. Yang biasanya pulang ke rumah sudah pada tidur. Ini kita bisa spend waktu seharian sama keluarga. Jadi lebih banyak waktu untuk latihan, waktu untuk berkreasi di rumah karena nggak ada urgensi untuk ke luar karena biasanya gue nyetir dan lain-lain harus siap-siap dari pagi. Jadi nggak sempat punya waktu lowong di rumah. Gue memanfaatkan waktu di rumah ini sebaik-baiknya dengan sering-sering latihan karena gue biasanya rencana mau latihan vokal tapi nggak jadi-jadi. Sekarang gue jadi ada waktu. Jadi lebih sering nulis-nulis. Lebih sering bikin konten juga karena mau nggak mau digital kita harus diisi karena apa, itu satu-satunya cara connect sama audiens. Yang nggak bisa manggung bulan ini dan bulan depan, kita bisa bikin activity di Instagram, di YouTube, dan lain-lain. Jadi sangat banyak hal yang bisa dilakukan ketika kita self-quarantine atau social distancing. So, teman-teman please kalau nggak ada keperluan di luar dan nggak harus ngantor atau kerja di luar, kita bisa kok di rumah mengisi waktu. Dan kita bisa develop skill kita. Biasanya nggak punya waktu untuk itu, sekarang ini waktunya untuk kita self developing untuk kita berkarya, untuk kita self grooming mungkin di rumah. Jadi self-quarantine itu bukan sesuatu yang menakutkan. It is something good.

 

EFEK RUMAH KACA

Apakah Corona mempengaruhi jadwal manggung ERK?

Iya mempengaruhi. Ada beberapa show ERK sejak pertengahan Maret sampai (mungkin) April ditunda atau dibatalkan. 

Bagaimana pendapat para personel ERK terhadap Corona?

Sangat berbahaya, terutama bagi orang tua atau yang fisiknya tidak dalam kondisi prima. Untuk itu, pemerintah, sebagai pihak yang mempunyai berbagai sumber daya (aparat, dana, kebijakan dll) memaksimalkan kemampuannya untuk menghambat perkembangan virus Corona tersebut. Nyawa lebih penting daripada pertumbuhan ekonomi.

Apa yang kalian lakukan untuk mengisi waktu terkait imbauan pemerintah untuk di rumah saja?

Baca buku, mengerjakan pekejaan administratif lainnya, edit video, disain-disain berbagai keperluan promosi, olahraga, beberes rumah, rekam-rekam dan nonton film.

penulis: Raka dan Pohan

______