Ardhito Pramono Persembahkan Album Terbarunya

Jul 15, 2022

Ardhito Pramono resmi merilis album terbarunya, Wijayakusuma pada hari Rabu (13/07) di bawah payung label rekaman Aksara Records. Ini menjadi satu lagi cerita dari Ardhito setelah sebelumnya kembali menyapa penggemarnya pasca masa vakum dengan single “Wijayakusuma”.

Album Wijayakusuma menyusul beberapa rilisan album sebelumnya dari sang solois seperti Ardhito Pramono (2017), Playlist, Vol. 2 (2017), a letter to my 17 year old (2019), Craziest thing happened in my backyard (2020) dan Semar & Pasukan Monyet (2021).

Di album ini, Ardhito menekankan penggunaan lirik bahasa Indonesia di seluruh lagunya. Deretan lagu yang kental dengan nuansa pop lawas Indonesia yang dibalut dengan lirik berdiksi aksara Indonesia yang beragam, dibantu langsung oleh Narpati ‘Oomleo’ Awangga dalam penulisannya.

“Gue melihat banyak sekali dampak kurang baik dari karya gue selama ini yang menggunakan bahasa Inggris. Misalnya, teman-teman musisi baru yang akhirnya ikut memilih menggunakan bahasa Inggris dalam karyanya. Gue tidak ingin bahasa kita lenyap digantikan oleh bahasa asing dalam sebuah pengkaryaan”, tuturnya.

Banyak hal yang terjadi di hidup Ardhito dalam beberapa tahun ke belakang, dan itulah yang ia jadikan sumber inspirasi dari album terbarunya ini.

“Album ini adalah keresahan, penyesalan, keindahan dan hal-hal yang terjadi di beberapa tahun belakangan. Lewat album ini, sekiranya gue ingin melampiaskan dan memotret beberapa kejadian yang terjadi”, lanjutnya.

Tidak tanggung-tanggung, ia melibatkan tiga nama sebagai produser. Mereka adalah Gusti Irwan Wibowo, Erikson Jayanto dan juga Hezky Y.H. Nainggolan.

Simak Wijayakusuma, album terbaru Ardhito Pramono di berbagai platform.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."

Eksplor konten lain Pophariini

Dongker – Ceriwis Necis

Kalian tidak harus sependapat dengan saya, “Bertaruh Pada Api” adalah lagu punk rock yang menyayat hati. Dinyanyikan bersama kebanggaan dan keharuan seekor pecundang urban yang mengais harapan di antara luka kehancuran zaman. Lagu itu …

Daftar Festival Musik 2024

Sejak menggelar diskusi seputar festival musik di pertengahan Maret 2024 lalu, kami sudah mendatangi dua keramaian. Pertama, Hammersonic Festival dan yang kedua Java Jazz Festival. Dapat dipastikan tahun ini panggung musik padatnya tak berkurang …