77

Bagi Humania Semuanya Sama Saja

Duo nu-jazz kugiran Indonesia era 90an, Humania akhirnya merilis singel dan video musik baru pertamanya setelah vakum cukup lama. Untuk informasi, album Humania terakhir yang berjudul Interaksi dirilis 19 tahun yang lalu di tahun 2000.

Sebelumnya Humania merilis lagu cover milik Candra Darusman sebagai pemanasan sebelum mereka merilis karya sendiri di awal 2019. Dan pertengahan Februari ini Humania merilis singel yang berjudul “Semua Sama” lengkap dengan video musiknya.

Proses awal pembuatan lagu ini diceritakan oleh EQ Puradireja berawal dari nada bassline-nya. Lalu ia menuliskan sepotong lirik awal yang masih sebatas “…ternyata semuanya sama, ternyata tiada berbeda…”. Dari situ EQ melanjutkan dengan mengangkat tema yang relevan dengan situasi saat ini.  “Humania mau ajak kita untuk melihat dan menemukan persamaan kita sebagai bangsa dan sebagai manusia. Di kala kita mencari perbedaan kita akan menemukan banyak persamaan, begitu juga sebaliknya”, kata Eki.

Baca juga:  Humania Rilis Katalog Lamanya Satu Persatu
Shooting video “Semua Sama”. Foto. dok. Humania

Penyelesaikan lagu “Semua Sama” memakan waktu sekitar 4 hingga 6 tahun. Rekaman pun dilakukan di 3 studio berbeda yaitu di Organic Studio, Sumber Ria Suite dan Cipete Studio. “Proses penyelesaian lagu cukup kompleks tapi sangat menyenangkan, karena Humania disupport oleh banyak teman-teman dimusik dan juga luar musik”, tambah Eki. Lagu “Semua Sama”  melibatkan beberapa nama seperti Andika Monoarfa, Adra Karim, Ochan, Widi Puradiredja, Jawa & Lale Maliq & D’Essential (guitar), Larry Aswin (flute), Rafi Muhammad, Brury Effendy (Trumpet), dan lainnya.

Persiapan lagu “Semua Sama” pun memakan waktu yang cukup lama karena kesibukan keduanya dan juga tantangan yang dihadapi. “Dari sekian banyak lagu Humania yang ada, pemilihan lagu ‘Semua Sama’ cukup tricky, mengingat Humania yang sudah lama tidak mengeluarkan karya dan kita putuskan “Semua Sama” sebagai singel pertama karena sarat akan pesan yang menjadi ciri khas karya Humania. Selain tema, tantangan lainnya adalah mencari studio rekaman, pemain session player, konsep, dan memperkenalkan Humania kepada generasi millennial”, tambah Heru.

Baca juga:  Pangalo! Dan Katalog Funk Indonesia Yang Malu-Malu

Lagu “Semua Sama” telah dirilis pada tanggal 15 Februari 2019 dan bisa dinikmati diseluruh digital streaming platform dan untuk video musiknya silahkan simak di bawah ini:

 

____