Balik Dari Rehat, Alien Child Kembali Menggebrak

Mar 17, 2023

Setelah rehat sepanjang satu tahun terakhir ini, duo elektropop asal Bali, Alien Child kembali hadir dengan gebrakan dengan energi baru yang lebih ganas. “Starburst” adalah energi terbarunya.

Kami masih ingat menyaksikan penampilan mereka sebagai pembuka dari Grrrl Gang bulan Maret 2020 silam. Kami merasakan energi dari dua wanita yang luar biasa ini, baik dari komposisi musik maupun aksi panggung mereka. Dan nampaknya, pasca ‘menghilang’-nya, mereka siap mengulanginya lagi lewat single terbarunya.

Mari menelusuri sejenak Alien Child, duo saudari Lala Maranda dan Aya Maranda yang berperan sebagai vokalis, songwriter, produser dan instrumentalist.  Talenta mereka dalam menyuguhkan sajian electropop yang modern namun relatable telah terbukti dengan karya-karya unik seperti “No Trust, No Pain” dan EP bertajuk Euphoria yang dirilis pada tahun 2020. Tidak berhenti sampai di situ – karya-karya beraliran alternatif seperti “Imajinasi Senja” dan “Lonely Holiday” turut menyiratkan potensi mereka sebagai duo musisi dengan jangkauan genre yang ekspansif. 

“Starburst” menyajikan dan menjanjikan sebuah paket pengalaman musikal yang menarik, hasil racikan hip hop, trap dan pop eksperimental yang terinspirasi dari beberapa warna ABBA, BIBI dan Rosalia.

“Sepanjang satu tahun terakhir, kami berdua sengaja mengambil waktu sejenak untuk melakukan refleksi diri terhadap identitas kami sebagai musisi dan apa yang hendak kami capai berikutnya,” ujar Alien Child, yang telah berkiprah sebagai produser musik sejak usia 13 tahun.

“Pada akhirnya, kami tiba di kesimpulan bahwa kami ingin menciptakan sebuah perubahan di blantika musik Tanah Air ini – atau, dengan kata lain, sebuah ‘dentuman besar’ (big bang) yang mampu memukau seantero galaksi musik. Karya terbaru kami ini, ‘Starburst’, adalah fase pertama dari big bang tersebut,” tambah mereka.  

Tajuk “Starburst” yang terambil dari merek permen yang sempat populer di Indonesia pada dekade 2000-an, secara filosofis mereka menyelaraskan judul ini sebagai  sebuah  ekspresi nan membara mengenai kekuatan dan kepiawaian seorang wanita.

“Dari segi produksi, kami memang ingin menciptakan sesuatu yang fun, playful, dan juga high-energy. Namun, di saat bersamaan, kami juga ingin ‘Starburst’ ini menjadi kejutan manis yang mampu menciptakan revolusi di blantika musik Tanah Air. Rasa-rasanya sudah lama sekali sejak terakhir kali ada musisi Tanah Air yang menghadirkan karya yang menggelorakan semangat girl power yang seganas ini.”

Tahun 2023 turut menjadi momentum yang istimewa bagi Alien Child – yang sempat mencuri perhatian masyarakat luas karena menjadi bagian dari soundtrack film Yuni yang dirilis pada tahun 2021 silam. Sepanjang beberapa bulan ke depan, duo electropop ini siap menghadirkan lebih banyak lagi single terbaru mereka yang berpuncak pada sebuah album penuh. 

“Album kita nanti akan menjadi lebih dari sekedar album comeback. Album ini akan menjadi ungkapan jati diri kami sekaligus kedewasaan kami sepanjang beberapa tahun terakhir. Kami siap untuk memperkenalkan siapa kami sesungguhnya – tidak hanya bagi penggemar musik di Bali, tetapi juga seantero Indonesia dan, bila memungkinkan, seluruh benua Asia,” ungkap mereka membocorkan sedikit soal album baru yang akan dirilis tahun ini. 

 

 

Penulis
Wahyu Acum Nugroho
Wahyu “Acum” Nugroho Musisi; redaktur pelaksana di Pophariini, penulis buku #Gilavinyl. Menempuh studi bidang Ornitologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi kontributor beberapa media seperti Maximum RocknRoll, Matabaca, dan sempat menjabat redaktur pelaksana di Trax Magazine. Waktu luang dihabiskannya bersama bangkutaman, band yang 'mengutuknya' sampai membuat beberapa album.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Nagita Slavina Mengawali Rencana Album dengan Single Bersyukurlah

Jeda hampir 2 tahun dari perilisan single terakhirnya “Untukmu Rafathar Rayyanza”,  Nagita Slavina kembali lagi membawa yang terbaru dalam single bertajuk “Bersyukurlah” hari Sabtu (17/02).   Lagu “Bersyukurlah” yang rilis bertepatan dengan ulang tahun …

Band Bentukan Dul Jaelani, Qodir Rilis Video Musik Aku Butuh Dia

Dul Jaelani bersama ketiga rekannya, Muhammad Xaviar (gitar), Deriel Sudiro (gitar), dan Axel CB (drum) membawa bendera Qodir resmi merilis video musik single terbaru “Aku Butuh Dia” via kanal YouTube Official Qodir hari Jumat …