Band Lokal 90an Yang Bertahan Melampaui 25 Tahun

• Jun 2, 2021
Band Lokal 90an 25 tahun

Berkaca dari kuartet Naif yang bisa dibilang sulit dicari tandingannya baik sebagai pencetak lagu hits, aksi panggung serta padatnya jadwal panggung Pophariini mencoba mencari tahu band seangkatan yang lahir di tahun 90an yang masih bertahan hingga kini. Karena sepengamatan kami band lokal 90an seangkatan Naif yang berumur 25 tahun itu tidak begitu banyak. Entah apakah usia band 25 tahun itu merupakan pertanda puncak kreatif atau malah titik kritis itu akan kami gali berikutnya.

Sejauh ini Pophariini menemukan beberapa band 90an yang masih aktif yang berusia di atas 25 tahun. Selain mayoritas personil awal masih ada, mereka pun tetap aktif manggung dan merilis karya. Walaupun kebanyakan karya terbarunya sulit untuk menandingi karya-karya di era awal mereka. Ini dia band 90an yang masih bertahan melampaui usia 25 tahun hasil pantauan Pophariini. Kalau ada yang terlewat silahkan tambahkan di kolom komentar.

 

PAS Band

PAS Band yang berdiri sejak tahun 1990 ini kini menginjak 31 tahun. Salah satu pioner band independen yang tertua dari Bandung ini terbilang yang cukup awet dengan formasi awal yang terdiri dari Yuki, Trisno, Bengbeng dan Richard yang kembali bergabung menjadi drummer bersama dengan Sandy. Telah merilis 9 album, Pas Band merilis album mini Uscripted Xperience di 2021 sebagai penanda eksistensi mereka.

 

Superman is Dead 

Bisa dibilang sebagai trio yang paling perkasa dari era 90an. Masih solid dengan personil awalnya yaitu Bobby Kool, Eka Rock dan Jerinx, kini Superman is Dead yang berumur 26 tahun telah merilis tujuh album studio. Terakhir merilis album ketuju Tiga Perompak Senja (2018) dengan bassis fans yang tersebar merata hampir di penjuru nusantara, jadwal panggung SID pun hingga kini terbilang padat.

 

Sheila on 7 (1996)

Salah satu nama yang bisa mendekati Naif adalah kuintet asal Jogja yang sudah berusia 25 tahun ini. Dengan bertaburan hits, aksi panggung menawan, Duta dkk ini masih memiliki jam panggung tinggi (sebelum pandemi)  Meskipun kini minus drummer Anton, dan gitaris Sakti, Sheila on 7 Duta (vokal), Eros (gitar), Adam (bass) kini dibantu oleh drummer Brian yang telah diangkat menjadi drummer tetap. Hingga kini Sheila on 7 telah merilis 10 album, plus satu singel “Film Favorit” di 2018 kemarin.

 

/Rif 

Kuintet yang merupakan singkatan dari Rhythm in Freedom asal Bandung ini kini menginjak usia ke 27 tahun. Dengan personil awal yang tersisa hanya Andy (vokal), Magi (drum) dan Jikun (gitar), kemudian Ovy (gitar) dan Teddy (bass)  turut memperkuat formasi terkini /Rif. Telah merilis tujuh album studio, plus satu kompilasi lagu terbaik, kabarnya /Rif akan segera merilis karya lagi tahun ini.

 

Burgerkill 

Burgerkill kini menginjak usia ke 26 tahun ini hanya menyisakan Ariestanto “Eben” pada gitar. Namun unit metal asal Ujung Berung Bandung ini masih melaju kencang di jalurnya. Telah merilis lima album, termasuk Adamantine di 2018 kemarin, selain telah tampil dan tur di manca negara, Burgerkill pun diganjar berbagai penghargaan metal internasional.

 

Koil

Koil / dok. Koil

Grup musik industrial rock ini kini memasuki usia 28 tahun sejak berdiri di tahun 1993. Dengan formasi awal JAV (vokal), Doni (gitar) dan Leon (drummer) yang masih memperkuat band ini, tak lama Adam pun bergabung bermain bass. Telah menghasilkan empat album studio dan dua album mini, Koil kini tengah merilis satu persatu singel terbarunya dalam format CD dengan beberapa tambahan bonus.

 

_____

Penulis
Fari Etona
Pendenger musik pop dan rock, serta pecinta binatang dan pemakan buah-buahan.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Resensi: Sunwich – Storage

jika anda penyuka katalog gelombang baru band indiepop vokalis perempuan, anda harus memberikan Sunwich kesempatan untuk dipasang kencang-kencang.

Mau Tau Banget?: Mentor Interview – Laleilmanino

Selamat datang di edisi perdana Mentor Interview! Sekilas mengenai Mentor Interview, kami berkeliling menemui nama-nama yang sudah tidak asing lagi di industri musik Indonesia saat ini. Nama-nama yang kami temui, mempunyai keahliannya masing-masing di …