75

Binatang dalam Permusikan Indonesia

Ada 5 lagu Indonesia yang mengambil judul dari binatang / dok. istimewa

Binatang atau hewan merupakan salah satu unsur kehidupan yang sangat penting dalam keberlangsungan ekosistem di dunia ini. Beberapa nama hewan pun kadangkala sering dijadikan sebuah perlambang semiotika dan metafora dalam mengungkapkan suatu perasaan, khususnya dalam dunia musik.

Karena itu, dalam rangka untuk memperingati World Animal Day atau Hari Binatang Sedunia, Pop hari Ini akan menampilkan beberapa kebinatangan dalam judul lagu di dunia permusikan Indonesia. Simak baik-baik.

1. Anjing Jalanan – Kelompok Penerbang Roket

Hewan yang dikategorikan sebagai hewan pintar dan sangat setia ini menjadi judul lagu di album Teriakan Bocah. Nah uniknya, ‘anjing’ dalam Kelompok Penerbang Roket ini digambarkan sebagai anjing jalanan, atau bisa dibilang merupakan anjing liar. Di dalam liriknya sendiri menceritakan tentang seseorang yang sangat liar perangainya, sama seperti anjing jalanan itu sendiri.

Baca juga:  5 Band Indonesia Paling Seram

2. Kelelawar – .Feast

Hewan Malam yang identik dengan superhero DC Comics Yaitu Batman ini merupakan judul lagu dari band Feast yang terdapat di album Muliverses. Jauh sebelum .Feast, Koes Plus sudah membuat lagu dengan judul serupa. Kelelawar memang identik dengan malam.

3. Lelaki Buaya Darat – Ratu

Dirilis pada tahun 2006, Lagu “Lelaki Buaya Darat” merupakan hit single andalan dari duo Mulan Jameela dan Maia Estianty. Lagu ini menganalogikan sosok lelaki yang layaknya seekor buaya darat yang tidak pernah setia kepada satu pasangannya.

4. Elang – Dewa 19

Burung pemakan daging yang satu ini dijadikan judul lagu oleh band Dewa 19 yang waktu itu masih divokali oleh Ari Lasso. Lagu yang masuk pada album The Best Of Dewa 19 ini mencitrakan sosok yang ingin menjadi seperti elang yang bebas.

Baca juga:  Saat Musisi Hebat Menulis Lagu yang 'Kurs'

5. Garuda Di Dadaku – NTRL

“Garuda Di Dadaku” selalu berhasil menjadi anthem tatkala digelar even olahraga yang melibatkan para putra putri bangsa. Lagu ini sendiri memang ditujukan untuk memberikan dan membangkitkan semangat untuk memberikan prestasi yang tinggi bagi Indonesia. Burung Garuda sendiri merupakan simbol dari negara Indonesia, selain itu Garuda juga sering dianggap sebagai kendaraan dari Dewa Wisnu.

_______