BLACKJAM Asal Pontianak Muncul dengan Album Mini Ketus

Jul 11, 2024

Band reggae asal Pontianak yang menamakan diri mereka BLACKJAM resmi meluncurkan album mini perdana berjudul Ketus hari Sabtu (29/06). Materi ini sekaligus menjadi penanda kemunculan mereka yang terbentuk bulan Oktober 2022.

 

BLACKJAM beranggotakan Angga ‘Daguk’ (vokal), Angga (bas), Izal (perkusi), Wildan (gitar), David (gitar), dan Ario (drum).

Untuk menanyakan perihal album Ketus, kami menghubungi kontak yang tertera di media sosial band atas nama sang gitaris. Perbincangan ini dimulai dengan apa tujuan BLACKJAM memulai karier. 

David yang merupakan personel awal bersama Wildan mengatakan rasa rindu bermusik adalah motivasi mereka berdua membentuk BLACKJAM. Kehadiran band ini awalnya hanya untuk mengisi waktu nongkrong.

“Akhirnya kami menemukan teman-teman band yang kami rasa cocok dan sehati di genre reggae ini. Dari sekadar hobi, kami pun serius dan berlanjut bikin lagu sampai rekaman,” kata David via WhatsApp hari Selasa (09/07).

Dalam meramu musik 4 lagu yang terdapat di album, BLACKJAM mengombinasikan gaya reggae dengan genre lain seperti punk, ska, funk, rock, dan blues. Wildan pun mengatakan trek terakhir “Waktu” adalah hasil kolaborasi dengan Surya Ismeth dari Captain Jack sebagai pengarah musik lagu.

“Lirik-lirik lagu yang ditulis dalam EP ‘Ketus’ adalah hal emosional yang merepresentasikan para personel BLACKJAM. Menceritakan tentang LDR, pendewasaan sudut pandang, bahkan aktivitas kesenangan kami,” ujar Wildan.

Lebih jauh lagi, Wildan sempat berbagi kisah saat BLACKJAM menghadapi kendala dalam penggarapan Ketus. Posisi drumer yang kosong di awal sesi rekaman, membuat para personel band harus beradaptasi dengan penggebuk drum lain sebelum Ario datang menjadi personel tetap.

Meski sempat mengalami kendala, Izal mengungkapkan mereka banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak di skena musik Pontianak. Selain Surya Ismeth, BLACKJAM juga melibatkan Ajung McAnderson dan Bian (Sidepony) yang berperan untuk tahap mixing/mastering dan publikasi lagu di layanan streaming musik.

 

Penulis
Gerald Manuel
Hobi musik, hobi nulis, tapi tetap melankolis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

5 Musisi Indonesia Favorit Bambang Pamungkas

Pophariini berkesempatan untuk melakukan peliputan Prambanan Jazz tanggal 5-7 Juli lalu di Candi Prambanan, Jawa Tengah. Salah satu yang menarik perhatian kami saat itu melihat legenda penyerang Timnas Indonesia Bambang Pamungkas (Bepe) bersama keluarganya …

5 Pertunjukan yang Wajib Ditonton di We The Fest 2024

We The Fest akan berlangsung beberapa jam lagi. Festival garapan Ismaya Live ini menghadirkan sejumlah musisi lokal maupun internasional selama tanggal 19-21 Juli 2024 di GBK – Sports Complex, Jakarta Pusat.    View this …