Dari Musisi untuk Hari Kemerdekaan RI

Aug 17, 2021

Hari Kemerdekaan menjadi hari dinanti setiap tahunnya, semenjak pemerintah mengeluarkan keputusan pada 18 Juni 1946 bahwa tanggal 17 Agustus adalah hari libur Nasional.

Warga negara Indonesia di mana pun mereka berada memperingati Kemerdekaan ini dengan mengibarkan bendera, menggelar perlombaan, dan sekarang media sosial penuh ucapan.

Tak terkecuali para musisi yang juga selalu ikut serta merayakannya dalam nada. Mereka melahirkan karya musik baru, serta cara lain yang menunjukkan semangat Kemerdekaan.

Berikut adalah di antaranya.


Yacko

Yacko bersama Monita Tahalea, Dira Sugandi, Kikan, Ariyo Wahab, Piyu, Ivan ‘Slank’, dan Duo MobySade merangkum harapan mereka dalam lirik lagu.

 

Navicula

Navicula kembali mengingatkan tentang lagu “Merdeka” miliknya yang pernah direkam live enam tahun yang lalu sebagai memperingati Hari Kemerdekaan RI.

 

Iwan Fals

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Virgiawan Listanto (@iwanfals)

Musisi kawakan satu ini tak kehabisan bensin. Ia kembali dengan “Merah Putih” single kedua untuk album mendatang yang kabarnya tengah dipersiapkan.

 

.Feast

Baskara menuliskan lagu ini hanya dalam waktu satu menit tanggal 16 Agustus, tepat sehari sebelum peringatan Hari Kemerdekaan.

 

Efek Rumah Kaca

Jelang peringatan Hari Kemerdekaan, Efek Rumah Kaca bersuara dengan penampilan live yang bisa disaksikan rekamannya melalui IGTV akun Instagram mereka.

 

Bottlesmoker

Tak terbayangkan lagu khidmat “Indonesia Pusaka” dibawakan ulang oleh mereka. Dengan rasa yang berbeda namun tetap membuat bulu bergidik.


 

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Laidthis Nite Kembali dengan “It’s Gonna Be Alright”

Sembilan bulan setelah “LoveLight” diperdengarkan, Laidthis Nite kembali dengan single baru tentang hasrat dalam judul “It’s Gonna Be Alright” (12/11).

Menakar Hak Pencipta Lagu

Sebelum bicara hak pencipta lagu mari bicara soal ini. Sebagian besar musisi indie sudah mengerjakan apa yang umumnya label rekaman lakukan pada umumnya. Yaitu merekam lagunya melalui perangkat sendiri tanpa harus diberi modal besar …