David Bayu: NAIF Resmi Bubar

• May 11, 2021

“Bisa dibilang, (NAIF) masuk kategori bubar. Iya, bubar.”

Tadi malam (10/05), melalui kanal YouTube-nya, David Bayu resmi menyampaikan bahwa NAIF sudah resmi bubar.

Munculnya David juga menjadi lanjutan cerita seputar rumor-rumor yang beredar mengelilingi NAIF, setelah pada hari Sabtu (08/05) lalu, Emil Hussein resmi mengabarkan bahwa dirinya sudah hengkang dari NAIF, eksklusif melalui kanal Shindu’s Scoop.

“Gue sudah cabut sih dari NAIF. Sejak September tahun lalu gue cabut”, jelas Emil kepada Shindu Alpito (08/05).

Berselang beberapa hari setelah Emil mengabarkan berita tersebut, kali ini giliran David yang buka suara, dan juga mengakhiri semua spekulasi berakhirnya perjalanan NAIF.

David menyampaikan, bahwa sebenarnya wacana untuk mengakhiri perjalanan NAIF sudah muncul ketika kuartet tersebut merayakan ulang tahunnya yang ke-25 di bulan Oktober tahun lalu.

“Sempat ada wacana di sebelum kejadian ini, dan sebenarnya waktu (NAIF) ulang tahun ke-25, Oktober tahun 2020, sebelumnya sempat gue bilang gitu ke anak-anak, ‘sudah, 25 tahun kita announce, kita udahan, cukup 25 tahun untuk kita’”, tutur David melalui kanal YouTube-nya, David Bayu Tube (10/05).

Sama seperti yang disampaikan oleh Emil (08/05), bahwa jika ada satu personel yang memutuskan untuk hengkang dari NAIF, maka selesai sudah perjalanan NAIF. Pun juga yang disampaikan oleh David tadi malam.

“Gue inget, gue pernah meeting sama anak-anak di rumah Emil sebelum pandemi. Kalau gue pribadi, gue sempat mengutarakan, ‘(kalau) salah satu yang mati, atau nggak bisa lagi, sudah, selesai, nggak perlu dilanjutkan lagi. Misalnya siapa, gue duluan, atau siapa lah, NAIF masih aktif, salah satu personel mati, atau berhalangan. Gue bilang, sudah, nggak perlu dilanjutkan lagi.’”

Ketika disinggung mengenai apakah ada permasalahan dalam internal NAIF, David mengiyakan. Namun menurutnya, akan selalu ada permasalahan dalam sebuah perjalanan, dan itu adalah hal yang wajar dialami.

“Kalau dibilang ada masalah internal, selalu ada. Jadi, jangan pernah bilang kalau hidup nggak ada masalah. Cuma, gue selalu mengibaratkan ini (NAIF) keluarga. Yang mana intinya adalah gue, Emil, Pepeng, Jarwo, itu adalah keluarga inti”.

Simak penuturan David Bayu mengenai semua cerita di balik bubarnya NAIF melalui kanal YouTube David Bayu Tube.

Belakangan ini, para personel NAIF memang sedang aktif dengan kegiatan masing-masing. Sebut saja Pepeng dengan proyek bermusiknya, FNF alias Frank N’Friends, juga dengan Emil yang sedang manggarap ragam bisnisnya. Sementara, Jarwo dan David juga sedang aktif menggarap masing-masing kanal YouTube pribadinya.

Kini, setelah 25 tahun berkiprah, NAIF resmi mengakhiri perjalanannya. Atas semua karya-karya yang menemani kami tumbuh besar, terima kasih banyak, NAIF.


 

Penulis
Raka Dewangkara
"Bergegas terburu dan tergesa, menjadi hafalan di luar kepala."
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Eksplor konten lain Pophariini

Resensi: Sunwich – Storage

jika anda penyuka katalog gelombang baru band indiepop vokalis perempuan, anda harus memberikan Sunwich kesempatan untuk dipasang kencang-kencang.

Mau Tau Banget?: Mentor Interview – Laleilmanino

Selamat datang di edisi perdana Mentor Interview! Sekilas mengenai Mentor Interview, kami berkeliling menemui nama-nama yang sudah tidak asing lagi di industri musik Indonesia saat ini. Nama-nama yang kami temui, mempunyai keahliannya masing-masing di …