Dekat Dua Bulan Lagi

Aug 27, 2018

Dekat tengah mempersiapkan karya musik terbaru berjudul Numbers. Mereka bakal memperdengarkannya lebih dulu kepada publik melalui album fisik. Target perilisannya Oktober 2018 mendatang.

Penyelesaian album membutuhkan dukungan. Dekat yang tadinya ragu orang-orang tidak berminat. Akhirnya luluh mencoba sistem crowdfunding.

Kamga mengatakan, “Kebetulan ketemu sama anak anak Kolase, mereka punya andil besar dalam meyakinkan kami untuk memberanikan diri coba.”

Numbers berisi delapan lagu termasuk dua single yang telah beredar “20” dan “Money”. Perkembangan terkini album sedikit mendebarkan. Lantaran semua berkas vokal yang sudah direkam terdengar noise.

“Kami harus take ulang semua lagu dari awal. Hahaa! Tapi kami yakin bisa selesaikan album ini tepat waktu. Perkiraan kami album akan rampung di minggu kedua bulan September,” ungkap Kamga.

Tentang judul album 

Setiap album memiliki cerita berbeda. Baik Lahir Kembali, album pertama mereka, maupun yang kedua Meranggas. Album dikasih judul Numbers karena semua permasalahan hidup mereka setahun terakhir berkutat pada angka.

Muncul gangguan atau stres masuk usia 30 ditambah kondisi keuangan yang sedang tidak baik. Memasuki tahun keempat, Dekat merasa jalan di tempat. Album semacam rangkuman apa yang mereka alami.

“Salah dua dari delapan lagu yang ada di album nanti berjudul “John Cena” dan “Comedy”. John Cena bercerita tentang Chev yang ngerasa Kamga dan Tata bohongin, dianggap punya suara yang spesial dan cocok buat jadi frontman tapi sampai sekarang belum sukses-sukses.”

Comedy bercerita tentang cara pandang kami terhadap cara kerja Tuhan yang kadang bikin kami merasa cuma jadi bahan lawakanNya,” jelas Kamga.

Album berbahasa Inggris secara keseluruhan. Pertimbangannya kenyamanan yang menurut Kamga menulis lirik bahasa Inggris seperti bisa lebih jujur.

“Teori kami sih karena bahasa inggris bukan main language kami sehari-hari, jadi lebih berani jujur karena seperti seolah-olah sembunyi dalam bahasa yang asing. Kami suka sekali dengan hasil cerita-cerita di album ini, semoga kejujurannya berasa nanti ketika rilis.” ungkap Kamga.

Orang-orang yang ikut berjasa dalam penggarapan album antara lain Rery Risgyana untuk pinjaman gitar dan Rifki Alfatih untuk pinjaman speaker.

Kamga mengaku album dikerjakan semua sendiri dari mulai rekaman, take beberapa alat musik sampai mixing. Mereka memaksimalkan keterbatasan diri.

“Jadi nanti kalau dengan bunyi gitar tapi mainnya kayak amatiran, langsung kebayang Chev yang main kan. Hahaa! Untuk Mastering Dekat, kami masih percayakan kepada Rifki Alfatih (Purpleducktape) karena simple, ngefans!,” tutup Kamga.

Kembali ke crowdfunding, bersama Kolase, Kamga, Chev, dan Tata menawarkan paket Rp 185 ribu hingga Rp 50 juta bagi sponsor untuk mendukung albumnya. Cek informasi tentang sistem crowdfunding album Dekat di sini.

Penulis
Pohan
Suka kamu, ngopi, motret, ngetik, dan hari semakin tua bagi jiwa yang sepi.

Eksplor konten lain Pophariini

5 Alasan Shelomita Tetap Bermusik

Shelomita yang dulu dikenal sebagai penyanyi latar untuk band seperti Slank dan Dewa kembali merilis karya terbaru di bulan Desember 2023 lalu. Single bertajuk “Biarkan Kasih Bernada” ini dikerjakan bersama trio pencipta lagu Laleilmanino. …

The Soegenk Asal Pangkalan Bun Rilis Single Rela

Band pop alternatif asal Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah bernama The Soegenk resmi merilis single kedua bertajuk “Rela” hari Kamis (15/02).   The Soegenk beranggotakan Gogo (vokal), Reza (drum), Raja (kibor), Fauzan (gitar), dan Nando …