Dhira Bongs Merilis Video Dokumenter Konser SXSW 2019

Apr 19, 2019

Tak banyak musisi Indonesia yang bisa mendapat kesempatan untuk berlaga di perhelatan festival internasional. Maka sudah jadi kewajiban jika mereka mengabadikan seluruh perjalanannya dalam sebuah video, sekadar menjadi rekaman dokumentasi, juga sebagai modal untuk dilirik promotor-promotor luar agar si musisi bisa kembali diundang. Atas kedua pertimbangan tersebut, Dhira Bongs lantas membuat video dokumenter yang bertajuk Dhira Bongs SXSW 2019.

Dhira Bongs SXSW 2019, tajuk video ini adalah rangkuman perjalanan singer songwriter asal Bandung ini ke Austin Texas. Di sana ia mendapat kesempatan untuk tampil di festival tahunan terbesar di sana bernama South By Southwest (SXSW) selama 8 – 17 Maret.

Di festival tersebut, Dhira Bongs berkolaborasi dengan beberapa musisi asal Austin, Jason Meekins yang merupakan author dari Affordable Drum Tracks, Matt Muehling yang merupakan gitaris dari grup musik progressive jazz, McMeta, hingga Nick Clark yang merupakan session bassist dari Kanye West dan Sunday Service.

Dhira Bong bersama musisi kolaboratornya di SXSW / dok. Dhira Bongs

Dalam video yang berdurasi 7.28 menit ini, Dhira memperlihatkan semua aktivitas yang dilakukannya di sana. Mulai dari kolaborasi, live performance, menjadi delegasi dalam mengikuti conference, hingga berkesempatan bertemu dan berelasi dengan para musisi Internasional, salah satunya Phony Ppl (grup musik bergenre neo-soul dari Brooklyn, New York).

Dhira Bongs bersama Phony Ppl di SXSW, Austin. foto: dok. Dhira Bongs.

Sekadar informasi, Dhira Bongs menjadi delegasi pertama tahun ini untuk program Siasat Trafficking yang dimotori oleh Siasat Partikelir. Selain Siasat Partikelir, Dhira Bongs juga disupport oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), hingga sejumlah brand kenamaan Indonesia seperti Kalibre, MATOA Indonesia, dll.

Dhira Bongs di festival SWSX. Foto: dok. Dhira Bongs

“Bisa manggung dan memamerkan karyaku di negara lain itu rezeki besar buat aku. Aku ingin menyampaikan rasa bahagia ini dan membaginya kepada semua teman-teman, dimanapun. Semoga perasaanku bisa tersampaikan lewat video singkat ini dan bermanfaat untuk temanteman semua.”, papar Dhira.

Buat yang penasaran, silakan menyimak video Dhira Bongs SXSW 2019 di di bawah ini. Selamat menikmati!

Penulis
Wahyu Acum Nugroho
Wahyu “Acum” Nugroho Musisi; penulis buku #Gilavinyl. Menempuh studi bidang Ornitologi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menjadi kontributor beberapa media seperti Maximum RocknRoll, Matabaca, dan sempat menjabat redaktur pelaksana di Trax Magazine. Waktu luang dihabiskannya bersama bangkutaman, band yang 'mengutuknya' sampai membuat dua album.

Eksplor konten lain Pophariini

25 Tahun Pandawa Lima: Puncak Abadi Para Dewa

Pandawa Lima, album studio keempat Dewa 19 ini bahkan mengalahkan album Bintang Lima yang jauh lebih mengkilap angka penjualannya

Pergumulan Tanayu di Materi Terbaru

Sebenarnya, Tanayu sudah mulai menggarap lagu ini sejak tahun 2019 lalu. Namun, lagi-lagi situasi pandemi menjadi penghalang untuk melanjutkan prosesnya.