307

Drive-In Concert, Cara Baru Nonton Konser Di Tengah Pandemi

Poster promosi konser drive-in di Indonesia yang digagas Berlian Entertainment / sumber: driveinkonser (instagram)

Berlian Entertainment bersama Mahaka Radio Integra (MARI) dan Mata Elang Productions akhirnya berinisiatif untuk melaksanakan Drive-in Concert bertajuk Drive-in Konser ‘Nonton Seru dari Mobil’. Mungkinkah ini cara baru menikmati konser musik di tengah pandemi?

Seperti kita tahu, masa pandemi Corona ini masih belum dapat dipastikan kapan usai. Pecinta musik pasti sudah rindu ingin menyaksikan para idola mereka secara langsung. Walau sekarang ini band atau musisi tetap bisa menghibur dengan cara menggelar konser virtual. Rasanya tetap saja masih tak terpuaskan. Inilah yang lantas menjadi pemicu digelarnya konser Drive-in tersebut.

Konsep Drive-In Concert ini sendiri memang belum banyak, hanya berlangsung di beberapa negara, seperti di Denmark yaitu konser penyanyi penulis lagu Mads Langer, lalu di Jerman oleh band Brings serta di Korea Selatan.

Baca juga:  Yacko Tampil di La Belle Hip Hop Festival, Belgia

Di arena konser yang luas itu, penonton menikmati konser dari dalam mobil bisa menikmati gambar sang penyanyi dari layar LED besar di atas panggung. Bagaimana dengan lagu-lagunya? Dengan santai, bahkan bisa sambil makan camilan atau minum bir, penonton bisa menikmati lagu-lagu yang dibawakan musisi dari gelombang radio.

Maka tak heran akun Instagram @driveinkonser yang baru saja dibuat ini mengimbau pengikutnya untuk memantau radio lokal seperti Mustang 88.0 FM, JAK! 101 fm, dan lainnya.

Saat dihubungi Pop Hari Ini, Dino Hamid selaku perwakilan dari Berlian Entertainment mengaku sudah mencetus ide Drive-in Concert ini sejak akhir Maret 2020,

“Kami melihat salah satu jalan agar industri showbis bisa tetap eksis dengan physical distancing ya dengan jalan drive-in.”

Baca juga:  Liputan: Perilisan Buku Bandung Pop Darlings

Ia mengaku mendapatkan inspirasi dari bioskop drive-in yang pernah terlaksana di Ancol, dulu di era 70-an.

Drive In Concert
Bioskop Drive IN di Pantai Binaria, Ancol di era 70-an / sumber: Historia 

“Nah, kebetulan di Eropa juga melakukan hal yang sama. Selama sebulan kami develop secara konsep dan teknis bagaimana audience bisa menikmati live show dari mobil secara langsung dengan protokol utama yaitu mengenai safety,” ungkapnya.

Selain itu, pihak promotor sudah memikirkan bagaimana audiens agar tetap dapat bisa berinteraksi dengan audiens lainnya biar pun di dalam mobil.

“Jadi Drive-in Konser kami yakini sebagai momentum ‘new experience’ di era ‘new normal’ nanti,” ungkap Dino.

Drive-in Concert
Suasana konser drive in di Jerman , pertengahan April lalu / dok. wdr1.de

Pengumuman yang disampaikan melalui akun Instagram @driveinkonser disambut baik para pengikut yang langsung memberikan komentar penyanyi favorit yang diharapkan tampil nanti. Tersebutlah nama-nama seperti Dewa 19, RAN, Agnez Mo, Hindia, Pamungkas, Sheila On 7, Svmmerdose, Rosa, Tulus, maupun Lyodra Ginting sebagai wishlist netizen.

Baca juga:  Turun Gunung, Raja Dangdut Rhoma Irama Rilis Single “Virus Corona”

Mengenai sistem pertunjukan yang bakal disuguhkan yaitu special show dari satu artis. Dino mengatakan, “Seperti kami membuat konser sebelumnya. Nanti akan ada beberapa show di beberapa hari yang berbeda dengan tema yang berbeda.”

Suasana konser Drive-in di Jerman / sumber: wdr.de

Saat ini pihak promotor belum bisa membocorkan tanggal dan tempat pelaksanaan, sekaligus harga tiketnya. Menjelang hari H nanti bakal ada semacam ‘Sharing & Storming Session’.

“Kita akan sharing konsep-konsep apa aja yang pernah kita lakukan di konser-konser sebelumnya dan termasuk konsep Drive-in Konser nanti, sekaligus mengajak brain storming dengan para target audience,” tutup Dino.

Untuk info lebih lanjut tentang konser Drive-in di Indonesia ini, silakan follow instagram mereka atau klik di www.konserdrivein.com.